United Tractors Inspiring Youth Memulai Langkah Mencetak Grandmaster

United Tractors Inspiring Youth Memulai Langkah Mencetak Grandmaster

Photo: Kristianus Liem

Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk terbanyak ke-4 di dunia. Di antara banyaknya penduduk di Indonesia, terdapat banyak generasi muda penerus bangsa dengan prestasi dan bakat yang luar biasa. Masa depan bangsa ini pun berada di tangan mereka. PT United Tractors Tbk (UT) sebagai salah satu perusahaan yang peduli terhadap kemajuan Bangsa Indonesia, menyadari hal ini. Oleh karena itu, UT ikut berkontribusi dalam membina para generasi muda, terutama atlet muda, melalui program United Tractors Inspiring Youth.

UT Inspiring Youth adalah program pembinaan atlet muda berprestasi Indonesia yang mampu menginspirasi masyarakat. Pada tahun 2017 ini, dalam rangka berpartisipasi mewujudkan kebanggaan bangsa, UT membina 2 orang atlet catur nasional, yaitu Novendra Priasmoro (18) dan Aditya Bagus Arfan (10) melalui sponsorship jangka panjang untuk pelatihan dan turnamen. Olah raga catur dipilih karena popularitasnya tidak setinggi olah raga lainnya, padahal olah raga catur memiliki manfaat yang besar untuk melatih kemampuan otak manusia. Indonesia pernah memiliki 7 Grand Master, namun hingga saat ini tersisa 4 Grand Master. Oleh karena itu UT bercita-cita melahirkan dua Grand Master Indonesia demi mengharumkan nama bangsa.

Presiden Direktur PT United Tractors Tbk, Gidion Hasan (kedua dari kanan) bersama jajaran Direksi UT dan atlet catur breprestasi Novendra Priasmoro dan Aditya Bagus Arfan yang didampingi oleh Kristianus Liem (tengah) dan kedua orang tua dalam sesi penandatanganan perjanjian kerjasama UT Inspiring Youth.

Novendra Priasmoro dan Aditya Bagus Arfan merupakan atlet catur Indonesia yang sudah banyak meraih prestasi dalam bidang catur, baik dalam skala nasional maupun internasional. Mereka sudah mulai bermain catur sejak usia dini. Bersama dukungan dari UT, Novendra ditargetkan bisa meraih gelar Grand Master pada tahun 2020, sedangkan Aditya ditargetkan bisa mencapai Grand Master pada tahun 2025. Itu artinya baik Novendra dan Adit harus mencapai Norma GM sebanyak tiga kali dan menaikkan rating Elonya hingga angka 2500.

Langkah awal untuk meraih cita-cita ini adalah melalui turnamen catur 9th Penang Heritage City International Chess Tournament yang berlangsung dari tanggal 3 – 10 Desember 2017 di Penang, Malaysia. Pada turnamen ini Novendra dan Adit mencapai penambahan rating yang signifikan. Penambahan 14,1 angka berhasil diraih oleh Novendra dan penambahan 146,8 angka diraih oleh Adit. Pencapaian lainnya diraih oleh Novendra dengan memperoleh ranking 3, padahal awalnya Novendra hanya berada pada rangking unggulan 7. Sementara Adit berhasil bertengger di ranking 56 yang awalnya berada di ranking 111.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

9th Penang Heritage City International Chess Tournament memiliki dua kategori yaitu Open dan Challenger. Kedua atlet UT Inspiring Youth mengikuti kategori Open. Terdapat 22 pecatur Indonesia yang mengikuti turnamen ini untuk kategori Open, termasuk Grand Master Cerdas Barus, International Master Ronny Gunawan, Iinternational Master Tirto, Iinternational Master Dede Lioe, dan Iinternational Master Farid Firman Syah. Total peserta di kategori Open adalah 143 orang yang berasal dari 19 negara.


Sumber: PT United Tractors Tbk

Photo: Kristianus Liem

Pilih BanggaBangga75%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau25%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

6 Maskapai Penerbangan Low Budget yang Menguasai Asia Tenggara Sebelummnya

6 Maskapai Penerbangan Low Budget yang Menguasai Asia Tenggara

Perairan di Indonesia dengan Kemunculan Lumba-Lumba (Bagian I) Selanjutnya

Perairan di Indonesia dengan Kemunculan Lumba-Lumba (Bagian I)

Eka satya Prasaja
@eka_sprasaja

Eka satya Prasaja

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.