8 Kota di Dunia Ini menjadi Kota Mati dan Tidak Berpenghuni, apakah di Indonesia ada?

8 Kota di Dunia Ini menjadi Kota Mati dan Tidak Berpenghuni, apakah di Indonesia ada?

© dwgfmnrdprofc.cloudfront.ne

Kota mati sering kali kita lihat di film film hollywood, namun taukah anda bahwa kota mati juga ada di dunia nyata. Hal ini bisa terjadi karena banyak penyebab. Dari nuklir, kecelakaan saat bekerja dll. Hal ini menjadi kan 8 kota di dunia menjadi tidak berpenghuni.

Banyak bangunan bangunan yang mewah ditinggal begitu saja bahkan ada kota yang peralatan rumah dan barang – barangnya pun masih lengkap.

Biasanya ada kelompok kelompok penggemar wisata ekstrim yang mencoba untuk berkunjung ke tempat tak berpenghuni tersebut. 8 kota ini akan menjadi refrensi bagi penikmat wisata ekstrim.

Berikut 8 kota yang sudah di tinggal oleh penghuninya dan menjadi kota terbengkalai.

  1. Kolmanskop, Namibia
Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
(©www.gettyimages.com)

Pada masa 1908, berlian pertama kali ditemukan di kota ini. Tak lama kemudian muncul kasino, bioskop, sekolah, pabrik es, dan barang-barang modern lainnya. Pada 1950, perekonomian di kota ini semakin menurun dikarenakan pasokan berliannya habis.

Akibatnya, banyak penduduk yang memilih untuk meninggalkan kota ini. Penasaran dengan pemandangan kota kosong ini? Masih ada jasa tour yang akan mengantarkan kalian berkeliling kota ini, tetapi tetap harus ada perizinannya dahulu.

  1. Pripyat, Ukraina
Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
(© c1.staticflickr.com)

Di kota inilah terjadi bencana meledaknya tenaga nuklir terburuk yang pernah ada di dunia. Inti reaktor nomer 4 di pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl meledak pada akhir April 1986.

Karena kandungan radiasi nuklir yang meledak tersebut sudah memasuk ke tahap yang mematikan. Sehingga, mengharuskan seluruh penduduk Pripyat langsung pindah beberapa hari setelah terjadi ledakan tersebut.

Walaupun bencananya sudah berlangsung lama sekali, tetapi kota ini masih dianggap terkontaminasi kandungan nuklirnya. Bahkan, di dalam kota tersebut masih banyak tumpukan sampah masker gas bekas pakai para penduduknya.

  1. Pulau Hashima, Jepang
Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
(©ayodibaca.com )

Awalnya, pulau Hashima merupakan tempat batu bara di Jepang. Pada puncak produksinya, ada sekitar 5.000 orang penambang batu bara yang hidup di pulau ini.

Ketika bensin sudah menjadi pilihan negara untuk bahan bakar utama, pulau ini mulai ditinggalkan para penambang di pertengahan 1970-an. Tertarik untuk datang kesini?

  1. Bodie, California
Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
(© dwgfmnrdprofc.cloudfront.ne)

Ketika masa penambangan emas berjaya pada 1970, Kota Bodie ini merupakan salah satu kota teramai di California. Namun, dalam kurun waktu 50 tahun, kota ini ditinggalkan karena tambang emas yang mulai habis.

Saking sepinya karena tak berpenghuni, Kota Bodie mendapatkan julukan sebagai Kota Hantu pada 1915. Kini, Bodie telah dikunjungi hingga 200 ribu pengunjung setiap tahunnya yang berkeliling menyusuri jalanan ‘Kota Hantu’ ini.

5. San Zhi, Taiwan

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
(© http://www.plan9sl.net)

Tempat ini awalnya dibangun untuk menjadi tempat peristirahatan mewah bagi orang lansia kaya. Namun, pembangunan proyek terbengkalai karena banyak pekerja yang mengalami kecelakaan fatal. Alasan terjadinya kecelakaan ini beragam dan tak masuk akal.

Pembangunan ini akhirnya berhenti dan tak dilanjutkan kembali karena kesulitan dana dan tak menemukan pekerja yang mau membangun tempat ini. Jadi kawasan ini terbengkalai begitu saja.

6. Craco, Italia

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
(© www.urbanghostsmedia.com)

Sejak abad ke-8, kota ini sudah ada dan populasinya cukup ramai. Pada awal abad ke-20, kota ini mengalami beberapa kali gempa hebat, dan memaksa penduduknya untuk meninggalkan kota ini secara masal.

Pada 1991, kota ini mengalami bencana tanah longsor dan meninggalkan bekas puing-puing bangunan yang rusak dan tak berpenghuni.

7. Kayakoy, Turki

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
(© http://turkishtravelblog.com)

Awalnya, kota ini merupakan tempat tinggal bagi umat Muslim Anatolia dan Kristen Ortodoks Yunani. Namun, situasi semakin memanas akibat adanya pernang dunia pertama dan perang antara Yunani dan Turki pada 1919 hingga 1922.

Akhirnya, sebagai bentuk perdamaian, dibuatlah kesepakatan yaitu penduduk harus meninggalkan kota Kayakoy pada 1923. Sejak saat itu, Kayakoy menjadi kota tak berpenghuni yang dipenuhi puing-puing bangunan rusak akibat perang tersebut.

8. Marina City, Batam

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
(© www.tempat.co.id)

Ya, ternyata di indonesia juga memiliki kota yang di tinggal oleh penduduknya.kota ini terletak di batam. Dulunya, kota ini merupakan pusat perjudian di Batam, . Sejak adanya larangan perjudian dari pemerintah, perekonomian di kota ini mengalami lumpuh total secara drastis. Mereka harus meninggalkan kotanya untuk mencari peruntungan di kota lainnya, padahal awalnya mereka sangat makmur.

sumber : IDM times.com

Pilih BanggaBangga13%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang13%
Pilih Tak PeduliTak Peduli13%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi50%
Pilih TerpukauTerpukau13%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Ini Lho Makna Logo & Maskot Asian Games Yang Bakal Digelar 2018 di Jakarta-Palembang Sebelummnya

Ini Lho Makna Logo & Maskot Asian Games Yang Bakal Digelar 2018 di Jakarta-Palembang

Indonesia dan Brunei (Mungkin) Saling Iri Selanjutnya

Indonesia dan Brunei (Mungkin) Saling Iri

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.