Siapa Sangka, 60 Persen Boneka Barbie di Seluruh Dunia Diproduksi Di Indonesia

Siapa Sangka, 60 Persen Boneka Barbie di Seluruh Dunia Diproduksi Di Indonesia
info gambar utama

Boneka yang populer di kalangan anak perempuan, Barbie, memang diproduksi oleh beberapa pabriknya di seluruh dunia. Namun siapa sangka, produksi terbesar Barbie ternyata berada di Indonesia. Mattel Indonesia, anak usaha dari Mattel Inc yang bermarkas di California Amerika Serikat, menjadi produsen mainan anak-anak tersebut.

Berlokasi di Cikarang, produksi boneka Barbie di Indonesia menjadi yang terbesar di dunia dibanding pabrik yang ada di negara lain seperti Tiongkok, Malaysia, Thailand dan Meksiko.

Menurut Peter Gibbons, Executive Vice President and Chief Supply Chain Officer Mattel Inc., PT Mattel Indonesia saat ini memproduksi 60 % boneka Barbie dari seluruh produksi global Mattel dan telah memberikan kontribusi signifikan terhadap volume ekspor Indonesia, seperti dilaporkan oleh Kompas.com.

Barbie Stores, Shanghai | Slade Architecture
info gambar

Sejak tahun 2008, Mattel Indonesia sudah mengekspor lebih dari 500 juta Barbie. Pabrik ini pun turut serta membuat Barbie edisi terbatas seperti Barbie seri Cleopatra hingga Andy Warhol.

Sementara itu, untuk kemasan, Mattel Indonesia menggunakan 100 persen material lokal yang berasal dari 650 UKM lokal. Sedangkan 50 persen bahan baku di pusat produksi Barbie juga berasal dari lokal.

Sumber : Kompas.com | Kementerian Perindustrian

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini