Mengenal Lebih Jauh Tentang Badan Siber dan Sandi Negara

Mengenal Lebih Jauh Tentang Badan Siber dan Sandi Negara
info gambar utama

Pada tanggal 3 Januari kemarin Presiden Republik Indonesia Joko Widodo telah resmi melantik Mayor Jenderal Djoko Setiadi, M.Si di Istana Negara sebagai kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Pelantikan tersebut sebagai tindak lanjut dari Peraturan Presiden Nomor 53 tahun 2017 tentang Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) yang terakhir diubah menjadi Peraturan Presiden Nomor 133 tahun 2017. Namun apakah kawan GNFI sudah tahu apa sebenarnya BSSN itu?

BSSN adalah sebuah lembaga teknis non kementerian yang bertanggung jawab langsung kepada presiden dibawah Menteri Koordinator Politik Hukum dan Kemanan. BSSN memiliki tugas yang harus dijalankan, yaitu melaksanakan keamanan siber dari berbagai lembaga siber yang terkait. Selain itu, BSSN juga memiliki fungsi yaitu membuat kebijakan teknis kemanan siber seperti contohnya pengawasan, evaluasi dan koordinasi. BSSN memiliki tujuan yaitu mewujudkan ketahanan siber di Indonesia.

Sedangkan keamanan siber yang diatur BSSN adalah; 1) Pengendalian produksi e-commerce. 2) Penapisan. 3) Pusat manajemen krisis siber, pemulihan, dan mitigasi. 4) Penanganan ketahanan dan serangan siber bagi negara.

Kepala BSSN Mayor Jenderal Djoko Setiadi juga menjelaskan bahwa BSSN tidak bertanggung jawab terhadap media sosial yang ada di Indonesia.

Kawan GNFI dapat mengetahui lebih jauh tentang BSSN dengan mengakses website BSSN di bssn.go.id

Indonesia juga memiliki badan siber yang lain selain BSSN, seperti Direktorat Siber Bareskim Polri, Cyber Defence Kementerian Pertahanan, Cyber Intellgence Badan Intelejen Negara (BIN), dan Tim Cyber Drone 9 Kominfo.

BSSN juga bersinergi dengan beberapa stake holder, seperti kementerian lembaga, perbankan, lembaga penegak hukum Indonesia, lembaga pertahanan siber di TNI, asosiasi penyelenggara jasa internet Indonesia, pelayanan telekomunikasi, pelaku industri e-commerce, komunitas keamanan siber civitas akademika di Indonesia.

BSSN nantinya akan mengadakan road show penjelasan tentang bahaya serta ancaman yang dapat mengancam para stake holder. Disamping itu BSSN juga akan menjelaskan bahwa BSSN lah yang akan bertanggung jawab membantu menyelesaikan masalah serangan siber.


Sumber: bssn.go.id tvone cnnindonesia.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini