5 Kecamatan di Jawa Timur Ini Hasilkan Buah Durian Terbaik

5 Kecamatan di Jawa Timur Ini Hasilkan Buah Durian Terbaik

Budidaya Durian © urbanina.com

Indonesia adalah negara agraris. Komoditas buah, sayur dan produk pertanian lainnya harusnya mendominasi di negeri ini. Buah durian adalah raja buah yang peminatnya dari semua kalangan. Di Jawa, Kalimantan, Sumatera banyak daerah penghasil buah durian. Yang terbesar adalah di Jawa Timur. Inilah 5 daerah penghasil buah durian terbesar di Jawa Timur :

  1. Pasuruan

Setiap musim durian tiba, kabupaten pasuruan pasti tidak pernah ketinggalan panen buah durian. Ada berbagai macam jenis durian yang dibudidayakan dibeberapa daerah di kabupaten ini. Diantaranya adalah Kecamatan Tutur, Kecamatan Puspo, Kecamatan Purwodadi, Kecamatan Lumbang, Kecamatan Pasrepan, Kecamatan Prigen, Kecamatan Purwosari, Kecamatan Sukorejo.

  1. Malang

Kurang lengkap rasanya jika Anda penggemar buah durian tapi tidak pernah mencoba durian dari kabupaten ini. Daerah malang yang terkenal dengan buah duriannya yang manis dan enak ini adalah kecamatan wagir dan daerah sekitar kasembon & ngantang. Landskap malang sebagai daerah yang dikelilingi oleh pengunungan mendukung durian tumbuh dengan baik. Buah durian yang memang buah musiman ini sangat banyak penggemarnya.

  1. Banyuwangi

Kota paling ujung timur di Jawa Timur ini juga menghasilkan buah durian terbaik. Durian paling terkenal dari Banyuwangi adalah durian abang atau durian merah yang menjadi ciri khasnya. Didaerah ini kondisi geografisnya sangat ideal untuk pertumbuhan buah durian. Beberapa sentra pengembangan pohon durian merah adalah kecamatan Glagah, Licin, Giri, Kalipuro dan Songgon.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
Durian Merah

  1. Kediri

Meskipun hanya beberapa kecamatan saja yang menghasilkan buah durian, namun daerah ini juga patut diperhitungkan sebagai penghasil buah durian terbaik. Seperti di kecamatan Slumbung yang diresmikan sebagai kampung durian di lereng Gunung Keluarga pada 22 januari 2018. Disini pengunjung bisa menyantap durian secara langsung dipadu dengan panorama gunung kelud yang indah. Selain itu disini ada berbagai macam olahan durian. Anda juga bilajar merawat ataupun cara memanen buah durian.

Buah durian dari Kabupaten Kediri juga dikirim keluar daerah karena banyaknya permintaan konsumen.

  1. Jombang

Kalau di Kediri ada wisata edukasi buah durian, di Jombang pun ada agrowisata buah durian. Tepatnya dikecamatan wonosalam. Disini pun Anda bisa menikmati durian secara langsung maupun olahannya sambil menikmati pemandangan pegunungan Anjasmoro. Disini terdapat resto, galery bahkan perpustakaan agar kita bisa benar benar menikmati wisata tersebut.

Wonosalam memang dikenal sebagai salah satu daerah penghasil durian di Indonesia

Pilih BanggaBangga33%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang13%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi13%
Pilih TerpukauTerpukau40%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Editor:
Vita Ayu Anggraeni

Pulau Pantara Sebuah Pulau Resort Yang Terjauh Di Kepulauan Seribu Sebelummnya

Pulau Pantara Sebuah Pulau Resort Yang Terjauh Di Kepulauan Seribu

Garuda Indonesia Hadirkan Armada Klasik Douglas DC 3 Saat Upacara Bendera Selanjutnya

Garuda Indonesia Hadirkan Armada Klasik Douglas DC 3 Saat Upacara Bendera

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.