Manfaatkan Potensi Daerah, Bandara di Blora Bakal akan Kembali Diaktifkan

Manfaatkan Potensi Daerah, Bandara di Blora Bakal akan Kembali Diaktifkan
info gambar utama
Infrastruktur merupakan salah satu aspek utama dalam mengembangkan sebuah daerah berpotensi. Salah satu infrastruktur penting tersebut adalah infrastruktur transportasi seperti bandara yang akan bisa memobilisasi manusia untuk melakukan perjalanan dari tempat yang satu ke tempat yang lain. Lewat bandara potensi daerah akan bisa dioptimalkan, seperti yang akan dilakukan oleh Kabupaten Blora yang kabarnya akan mengaktifkan kembali Bandara Ngloram.

Seperti diberitakan detikFinance (16/4) Bandara Ngloram nantinya akan menjadi bandara yang mampu membuka potensi pariwisata di beberapa lokasi sekitar Blora. Seperti Kabupaten Bojonegoro yang berada di Timur, Kabupaten Tuban di Timur Laut, dan Kabupaten Rembang di Utara. Ketiganya merupakan wilayah yang memiliki potensi sumber daya alam maupun pariwisata yang seharusnya dapat dimanfaatkan.

Bandara Ngloram sendiri yang berada di Kecamatan Cepu, merupakan bandara yang dekat dengan kawasan eksplorasi minyak yang sudah ada sejak era Belanda. Tambang-tambang tersebut banyak dimanfaatkan oleh masyarakat secara tradisional maupun yang modern seperti yang dilakukan oleh Exxon Mobil dan Pertamina.

Langkah pengaktifan kembali bandara ini telah dilakukan oleh pihak terkait. Serah terima berkas asli Sertifikat Hak Pakai no.76 beserta berkas-berkas yang lainnya dan ADK SIMAK BMN Bandara Ngloram dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral kepada Kementerian Perhubungan di kantor PSDM Migas Cepu, Blora telah dilakukan.

Penyerahan berkas-berkas tersebut dilakukan oleh Sekretaris BPSDM Kementerian ESDM Zainal Arifin dan diketahui oleh Kepala BPSDM Kementerian ESDM IGN Wiratmaja kepada Direktur Bandar Udara Bintang Hidayat mewakili Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan. Acara tersebut juga disaksikan oleh Bupati Blora, Joko Nugroho.

Kepala BPSDM Kementerian ESDM, IGN Wiratmadja pun berharap langkah ini bisa menjadi langkah untuk mewujudkan pengoperasian Bandara Ngloram. Sementara pihak Dirjen Perhubungan Udara, Agus Santoso yang diwakili oleh Bintang Hidayat menyatakan bahwa dengan adanya bandara ini, akses udara dari dan ke Blora akan bisa mempercepat pengembangan perekonomian di Blora dan sekitarnya.

"Hal tersebut sudah merupakan komitmen kami di Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan sebagai otoitas penerbangan nasional. Untuk merealisasikannya kami mohon dukungan dan koordinasi dengan Bupati Blora dan Gubernur Jawa Tengah terutama dalam hal pengadaan lahan sehingga proses pembangunan dan kemudian pengoperasian kembali Bandara Ngloram bisa dilakukan dengan baik sesuai dengan aspek keselamatan, keamanan dan pelayanan penerbangan," ujar Bintang.

Bupati Blora, Joko Nugroho pun menyambut baik langkah positif ini. Dirinya menyatakan siap untuk mendukung dengan mempersiapkan lahan yang dibutuhkan dalam pengembangan bandara.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini