Peran Millennials Sebagai Digital Rangers di Industri Digital

Peran Millennials Sebagai Digital Rangers di Industri Digital
info gambar utama

Millennials sebagai generasi digital terbesar di dunia. Menurut We Are Social, pengguna internet dunia mencapai 4 Miliyar, 53% dari total penduduk seluruh dunia. Di Indonesia sendiri total pengguna internet 132 juta, 50% dari total penduduk indonesia. 130 juta penduduk indonesia aktif menggunakan media sosial dan menggunakan mobile smartphone sebagai perangkat utama untuk mengakses internet. Setiap orang yang mengakses internet memiliki tujuan untuk berkomunikasi, mencari informasi dan menunjukkan tindakan mereka. Usia yang mendominasi generasi millennials di indonesia adalah 19 sampai 34 tahun, hampir 50% dari total pengguna internet. Namun, hadirnya internet di Indonesia menimbulkan beberapa aspek, diantaranya yaitu nilai-nilai sosial, Pendidikan, Pekerjaan, dan Kewirausahaan. Masih banyak mahasiswa yang ketika lulus nanti masih bingung mau jadi apa, kerja dimana, atau kerja sebagai apa.

Berdasarkan salah satu insight tersebut, Ilona Network sebagai perusahaan yang bergerak ke arah positive impact tergerak dan membuat The Hatch.

The Hatch adalah talent incubator yang dibuat dalam digital marketing agency group yang berada di dalam kampus. Bertujuan untuk meningkatkan kapabilitas dan kapasitas mahasiswa sebagai talent muda agar lebih siap bekerja di industri.

Berperan sebagai wadah untuk para mahasiswa dan mahasiswi yang ingin merasakan langsung bagaimana rasanya bekerja di dalam industri kreatif digital (Advertising agency, startup, marketing komunikasi, dll).
Dengan struktur yang diadopsi dari struktur perusahaan-perusahaan sungguhan, nantinya para mahasiswa akan ditempatkan di posisi-posisi yang sesuai dengan minat dan kemampuan mereka. Tidak hanya itu, mekanisme dan flow kerja juga akan mengadopsi flow kerja yang diterapkan di industri.

Sebuah kolaborasi bisnis antara Ilona Network dan Kampus yang bertujuan untuk menyiapkan para mahasiswa agar siap menghadapi tantangan di dunia kerja.

Pada tanggal 25 April 2018, The Hatch berkerja sama dengan Pusat Pengembangan Karir Telkom University membuat edukasi masal untuk Mahasiswa/i Telkom University dan dikemas dalam bentuk Stadium General bertema "Digital Rangers”. Ini adalah salah satu bentuk awal yang dilakukan kedua belah pihak setelah penandandatangan M.o.U di Januari 2018, sebagai tanda bahwa perekrutan tim The Hatch Tel U Batch 1 telah dibuka pendaftarannya.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Pada awal kegiatan ini, di buka dengan beberapa sambutan dari Prof. Ir. Mochamad Ashari, M. Eng., Ph.D selaku Rektor Telkom University, Mu’min Santoso selaku Managing Partner of Ilona Network dan Lasya Miranti selaku Managing Director of The Hatch.

Dalam penyampaian sambutan bapak Rektor Mochamad Ashari mengatakan “Dunia kita berubah secara sosial maupun pendidikan, perlahan kami juga perlu mengubah diri menghadapi disrupsi yang kian marak. Di Telkom University kami menghasilkan tiga output SDM, diantaranya untuk menjadi researcher, inventor dan talented person. Ketiganya kami siapkan sesuai kebutuhan Industri saat ini.”.

Dilanjutkan dengan sambutan oleh Managing Director of The Hatch, Lasya Miranti juga mengatakan “The Hatch hadir untuk membantu menutupi gap yang ada antara kebutuhan talent di digital industry dan lulusan universitas setiap tahunnya. Saya berharap teman-teman di industry juga bisa melihat program ini sebagai sesuatu hal yang positive, sehingga kita bisa bersama-sama membantu para Mahasisw/i mempersiapkan diri ke dunia kerja sejak dini”. Pernyataan ini juga ditambahkan oleh Giring Ganesha sebagai salah satu pembicara dan juga praktisi di dunia digital “Kesempatan tanpa batas di dunia internet zaman sekarang. Kesuksesan dimiliki oleh mereka yang memiliki visi besar dan rela kerja keras untuk meraihnya”

Selanjutnya acara ini juga menghadirkan 2 pembicara lainnya dari industry yaitu Wendy Novianto selaku CEO of Aleph Indonesia dan Savitri Wibisarto selaku Co-Founder of Rack Digital, dilanjutkan dengan Talkshow Session beserta Q&A untuk para peserta.

Diharapkan dengan berlangsungnya kegiatan ini, para peserta dapat termotivasi untuk ikut andil dalam perkembangan industry digital saat ini dan bergabung dengan The Hatch Tel U.

Sumber:

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini