5 Sektor dengan Optimisme Tertinggi. Sektor Apa Saja?

5 Sektor dengan Optimisme Tertinggi. Sektor Apa Saja?
info gambar utama

Kemarin (7 Mei 2018), Good News From Indonesia (GNFI) menggelar diskusi bersama anak-anak muda. Bukan hanya itu saja, GNFI juga mengeluarkan hasil survei terbaru mengenai optimisme anak-anak muda Indonesia. Hasil survei yang GNFI lakukan menunjukkan bahwa rata-rata generasi muda perkotaan cukup optimis terhadap masa depan Indonesia. Hal ini terlihat dari survei indeks optimisme yang dilaksanakan pada Februari-Maret 2018 kepada 1.200 responden dengan rentang usia 18-30 tahun.

“Dari survei ini dapat kita lihat bahwa generasi muda perkotaan merasa cukup optimis terhadap masa depan Indonesia, meskipun bukan optimisme yang absolut,” kata Wahyu Aji, CEO GNFI, saat menyampaikan hasil survei di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia, Jakarta Pusat pada Senin malam (7/05).

Survei yang dilakukan di 12 kota besar di Indonesia tersebut selain menunjukkan seberapa banyak generasi muda yang optimis juga membuat indeks untuk mengukur tingkat optimisme generasi muda yang menjadi responden. Dari indeks optimisme tersebut memperlihatkan bahwa rata-rata generasi muda berada pada tingkat “cukup optimis” (52%), disusul “optimisme lemah” (31%), dan “pesimis” (17%).

Keduabelas kota yang menjadi obyek penelitian adalah Medan, Palembang, Pontianak, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Lombok, Makassar, Ambon, dan Jayapura. Kota-kota tersebut dipilih berdasarkan kriteria wilayah urban menurut data Bappenas. Selain itu, juga karena terdapat Perguruan Tinggi yang diasumsikan menjadi tempat bertemunya anak-anak muda dari berbagai daerah di sekitarnya. Lalu sektor apa saja yang paling membuat responden optimis terhadap masa depan Indonesia? Berikut 5 sektor yang Paling tinggi jumlah persentasenya dan membuat responden merasa optimis :

1. Sains dan Teknologi

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Optimisme pada kemampuan masyarakat untuk memanfaatkan dan mengembangkan sains dan teknologi sebesar 72%. Sebagian besar responden memilih untuk optimis karena kemajuan teknologi di Indonesia semakin berkembang dari tahun ke tahun. Kota Ambon memiliki persentase optimisme paling tinggi di sektor Sains dan teknologi.

2. Militer

sumber : blogspot
info gambar

Sebanyak 65% responden optimis pada peningkatan kapasitas dan kualitas TNI dalam menjaga kedaulatan negara. Indonesia terus menunjukaneksistensinya sebagai negara terkuat di Asia Tenggara. ini bisa dilihat dari kualitas prajurit militernya dan perlengkapan perang yang dimiliki. Sebab Indonesia memiliki senjata yang tak kalah canggih dari negara lainnya. Selain itu, Indonesia memiliki senjata yang dibuat dari dalam negerinya sendiri. PT Pindad terus membuat senjata canggih asli Indonesia yang diakui dunia, dan berhasil dikirim ke luar negeri.

3. Isu Kesetaraan Gender

sumber : ef.co.id
info gambar

Indonesia memiliki potensi besar bagi kaum perempuan untuk memainkan peran penting di semua sektor. Untuk mendapat manfaat dari potensi ini, Indonesia perlu terus mendorong kesetaraan gender dan menghilangkan hambatan bagi kaum perempuan untuk berperan di masyarakat. Sebesar 65% responden optimis pada masa depan kesetaraan dan keadilan antara laki-laki dan perempuan di Indonesia. Terbukti dari beberapa menteri yang saat ini menjabat diisi oleh kaum perempuan.

4. Bahasa

sumber : Garuda Citizen
info gambar

Tingkat optimisme pada masa depan kondisi bahasa Indonesia yang lestari mencapai 63%. Responden dari Kota Pontianak memiliki nilai persentase optimistis paling tinggi dari kota-kota lain untuk sektor Bahasa. Para responden yakin dengan melestarikan Bahasa Indonesia, negara kita akan terus maju . Namun tidak sedikit pula responden yang merasa pesimis atau optimisme lemah, karena dewasa ini banyak sekali anak muda yang mulai menyukai atau menggunakan bahasa-bahasa asing (seperti Bahasa Inggris, Bahasa Korea, dll)

5. Pariwisata

sumber : travel zom
info gambar

Tingkat optimisme pada pengembangan pariwisata di berbagai daerah sebesar 63%. Para responden merasa optimis karena mereka merasa percaya diri dengan pariwisata yang Indonesia miliki dapat menarik turis lokal maupun mancanegara. Selain itu, dukungan pemerintah khususnya Kementrian Pariwisata sangat membantu mempromosikan pariwisata Indonesia di mata dunia.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini