Miliki Ombak Tertinggi, Pantai di Banyuwangi Ini Masuk Tujuh Besar Ombak Terbaik Dunia

Miliki Ombak Tertinggi, Pantai di Banyuwangi Ini Masuk Tujuh Besar Ombak Terbaik Dunia
info gambar utama

Sebagai negara kepulauan yang terkenal akan keelokan pantai dan destinasi bahari membuat Indonesia juga dijuluki sebagai negara maritim dengan pesona luar biasa. Hampir seluruh wilayah di Indonesia memiliki kekayaan alam layaknya pantai dan laut yang eksotis untuk dikunjungi para pelancongnya.

Tak terkecuali yang dituju para peselancar. Bagi para pecinta surfing tak ada lagi yang menarik untuk dicari selain pantai dengan pesona ombak yang tak tertandingi. Beberapa kawasan di Indonesia pun turut menjadi tujuan para peselancar baik domestik maupun internasional untuk mencoba guncangan ombak sebagai bentuk kecintaan mereka. Salah satunya di Banyuwangi.

Berada di Provinsi Jawa Timur, Banyuwangi memiliki ragam pantai dan kekayaan alam yang tak kalah menakjubkan, seperti halnya Pantai Plengkung. Pantai Plengkung merupakan salah satu pantai yang memiliki ketinggian ombak mencapai 6 hingga 8 meter dan panjang dua kilometer. Kondisi tersebut yang menjadikan pantai ini sebagai tujuan wajib bagi para peselancar. Bahkan disebut pula bahwa Plengkung masuk ke dalam tujuh ombak terbaik dunia dan menempati posisi kedua setelah Hawaii.

Dalam keberadaannya, Pantai Plengkung merupakan salah satu pantai yang menjadi bagian dari tatanan Taman Nasional Alas Purwo, yang juga berhadapan langsung dengan Samudera Hindia dan berada di timur Teluk Grajagan. Berjarak kurang lebih 55 kilometer dari pusat Kota Banyuwangi, menjadikan Pantai Plengkung sebagai salah satu destinasi yang masih terjaga keutuhannya.

Plengkung Jika Dilihat Dari Peta Kabupaten Banyuwangi
info gambar

Jenis Ombak di Pantai Plengkung

Pantai Plengkung memiliki ombak pengaruh arus Antartika yang terbawa oleh Samudera Hindia, maka dari itu tak heran jika ombak yang dihasilkan menjadi konsisten dan besar. Dengan ketinggian ombak tersebut turut pula menonjolkan formasi tujuh gelombang bersusun dari Pantai Plengkung yang tentu sangat menantang bagi para pecinta surfing.

Jenis ombak yang ada di Plengkung terdiri atas tiga tingkatan yakni Kong Waves (dengan tinggi ombak mencapai 6-8 meter), Speedis Waves (dengan ketinggian 5-6 m), dan Many Track Waves (yang memiliki ketinggian 3-4 m). Selain itu ada pula ombak tingkat terakhir yakni Many Track yang biasa digunakan peselancar pemula untuk mengasah skill mereka.

Dengan jenis ombak yang dimiliki Pantai Plengkung, tak heran jika pantai tersebut pernah menjadi lokasi utama lomba surfing tingkat Internasional seperti Banyuwangi G-Land International Team Challenge. Beberapa negara seperti Australia, Prancis, Inggris, Amerika, Selandia Baru, dan Indonesia turut mengirim delegasi negaranya masing-masing untuk mengikuti ajang tersebut.

Pantai Plengkung Banyuwangi
info gambar

Nama Lain Pantai Plengkung

Pantai Plengkung di mata wisatawan memiliki nama lain yakni G-Land. G-Land sendiri merujuk pada beberapa hal, salah satunya huruf G yang melekat pada G-Land mengarah pada Teluk Grajagan, tempat di mana Pantai Plengkung berada. Di sisi lain huruf G diambil dari kata Green, yang mengarah pada letak Pantai Plengkung sebagai sebuah green forest. Selain itu huruf G juga berasal dari kata Great, berkat ombak Pantai Plengkung yang besar, panjang, dan penuh. Ada pula yang menyebut jika kata G-Land berasal dari lengkungan Pantai Plengkung yang mirip dengan huruf G.

Plengkung Diakui Sebagai Salah Satu Dari 7 Ombak Terbaik di Dunia
info gambar

G-Land Sebagai Destinasi Wisata Menarik

Bagi mereka yang mencintai surfing, G-Land merupakan tujuan yang tepat untuk didatangi. Dengan pesona keindahan alam sekitar yang masih asri dan teduh, menjadikan G-Land tak hanya unggul berkat gulungan ombaknya. Pengunjung juga bisa menikmati panorama alam Taman Nasional Alas Purwo lainnya seperti padang stepa dan segala habitat yang hidup bebas di dalamnya, yang juga menakjubkan dan tak kalah menarik.

Selain itu, ada pula beberapa kegiatan menyenangkan lain yang bisa dilakukan di sana sembari melakukan kegiatan surfing. Layaknya treeking, menyusuri Taman Nasional Alas Purwo dengan bersepeda atau berjalan kaki, snorkling, diving, caving, dan melihat penangkaran penyu.

Tunggu apalagi? Mari datang dan kunjungi langsung Pantai Plengkung di Banyuwangi. Sebab, Kunjungi Banyuwangi Anda Pasti Kembali!


Sumber: Banyuwangi Bagus

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini