Indonesia, Rumah Bagi Penyu Laut, Spesies Langka Dunia

Indonesia, Rumah Bagi Penyu Laut, Spesies Langka Dunia
info gambar utama

Setiap tanggal 23 Mei diperingati sebagai World Turtle Day atau Hari Kura-kura Dunia untuk melindungi kura-kura, penyu, dan berkurangnya habitat aslinya di dunia.

Berdasarkan klasifikasi ilmiahnya, kura-kura masuk ke dalam grup diapsid ordo Testudinata, yang merupakan bagian dari kelas Reptilia. Beberapa spesies Testudinata bahkan telah punah.

Penyu merupakan salah satu dari grup reptil tertua, bahkan lebih tua dibandingkan ular atau buaya. Terdapat 365 spesies penyu yang diketahui masih hidup sekarang, namun beberapa dari 365 spesies tersebut terancam punah.

World Wide Fund for Nature (WWF) Indonesia mengklaim bahwa nusantara ini merupakan habitat enam dari tujuh spesies penyu laut dunia, sebagaimana Indonesia memiliki tempat bersarang dan mencari makan yang penting, serta rute migrasi penting di persimpangan Pasifik dan Samudera Hindia.

Meskipun begitu, beberapa dari spesies tersebut saat ini berada di bawah pengawasan ketat wewenang lokal sebagaimana keberadaannya terancam punah atau hampir terancam punah.

Kompas.com telah menyusun daftar dari International Union for Conservation of Nature (IUCN), bersama dengan status konservasi mereka.

1. Dermochelys coriacea (Penyu Belimbing) – rentan, populasi menurun

Sumber: Wikipedia
info gambar

2. Chelonia mydas (Penyu Hijau) – terancam punah, populasi munurun

Sumber: Wikipedia
info gambar

3. Caretta caretta (Penyu Tempayan) – terancam punah

Sumber: Cretico
info gambar

4. Natator depressa (Penyu Pipih) – spesies terancam, data kurang lengkap

Sumber: Wikiwand
info gambar

5. Eretmochelys imbricata (Penyu Sisik) – terancam penuh, populasi menurun

Sumber: Scubafish
info gambar

6. Lepidochelys olivacea (Penyu Zaitun Belimbing Laut) – rentan, populasi menurun

Sumber: Wikimedia Commons
info gambar

Penyu sisik yang termasuk dalam kategori terancam punah merupakan spesies terdekat dengan kepunahan.

Mengutip dari koordinator konservasi spesies laut WWF Indonesia, Dwi Suprapti, pengamatan telah mengisyaratkan penurunan yang signifikan dari kura-kura di perairan Indonesia.

Ada begitu banyak yang harus dilakukan untuk melestarikan spesialisasi ini sebagai rumah bagi begitu banyak spesies langka yang tidak dapat ditemukan di tempat lain di dunia.

Mari bersama-sama melestarikan penyu laut!

Sumber: Seasia.co

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini