Makanan Lebaran yang Khas Indonesia

Makanan Lebaran yang Khas Indonesia
info gambar utama

Saat lebaran, makanan apa sih yang biasanya selalu ada di rumahmu? Apakah daftar makanan di bawah ini tidak pernah absen?

Kue Kering

Aneka kue kering seperti nastar, kastengel (kue keju), hingga kue bulan sabit mungkin selalu menjadi menu wajib dalam menghidangkan kue untuk menyambut para tamu yang datang ke rumah dan biasanya disimpan dalam toples khusus.

Apakah kue-kue kering ini selalu ada di hidangan meja ruang tamumu? Selain ketiga kue kering di atas? Kue kering apa sajakah yang biasanya selalu kamu siapkan untuk lebaran?

Opor Ayam

Opor ayam bisa dikatakan menjadi menu andalan saat menyambut tamu datang ke rumah. Opor yang disajikan dalam periuk atau pemanas makanan bisanya disajikan dalam balutan bumbu kari pekat yang gurih.

Apakah opor ayam merupakan salah satu menu favoritmu dan selalu ada di rumahmu selama idul fitri? Berapa lama waktu yang kamu perlukan untuk memasak opor?

Rendang Daging

Beberapa orang sangat menyukai menu rendang daging sapi dan beberapa lainnya suka menyantap rendang ayam. Rendang memang menjadi salah satu menu wajib yang kudu kamu siapkan saat lebaran.

Rendang yang biasanya dimasak dalam panci atau beberapa orang senang memasaknya dalam kuali menjadi menu makanan yang sering cepat habis. Maka dari itu, memasak sedikit berlebih sangat dianjurkan, kalaupun tidak habis, kamu bisa menyimpannya di dalam kulkas dan dipanaskan lagi saat akan disantap.

Ketupat Sayur

Ketupat sayur dengan bentuk segi empatnya menjadi salah satu sumber karbohidrat wajib yang biasanya selalu ada di meja ruang makan saat lebaran dan paling cocok disantap dengan opor ayam atau rendang. Agar terlihat lebih cantik, tata ketupatmu di atas keranjang makanan.

Apa jadinya jika kamu tidak sempat menyiapkan ketupat? Tentunya nasi menjadi solusi alternatif yang juga enak untuk menjadi pendamping rendang dan opor, bukan begitu?

Kue Bolu

Kue yang memiliki tekstur lembut dan kering ini menjadi salah satu hidangan lebaran yang biasanya selalu ada di setiap rumah yang merayakannya. Kue bolu memang paling enak jika dihidangkan masih hangat, langsung dari loyang.

Seiring dengan berkembangnya zaman, kue bolu banyak yang dimodifikasi dengan berbagai varian rasa seperti cokelat, keju, hingga pandan. Bahkan, saat ini banyak juga yang menggantikan kue bolu dengan brownies. Kalau kamu lebih suka kue bolu atau brownies?

Puding

Sebagai makanan penutup atau pencuci mulut, puding bisanya menjadi hidangan manis yang juga banyak disukai serta tidak pernah ketinggalan dalam menu dan hidangan lebaranmu. Eitss... meskipun puding bisa disebut sebagai makanan lebaran khas Indonesia, namun puding menjadi menu makanan wajib untuk lebaran bagi masyarakat Thailand lho!

Baik pudding cokelat, vanilla, susu, hingga berbagai varian rasa buah-buahan menjadi makanan favorit yang banyak ditemukan saat lebaran. Rasa puding apakah yang menjadi favoritmu?

Nah, dari beragam makanan khas lebaran di atas, apakah semuanya selalu ada di rumahmu saat lebaran? Atau kamu punya menu makanan khas lainnya yang tidak pernah terlewatkan saat perayaan idul fitri?

Sumber: iPrice Trend

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini