Salah Satu Daerah di Indonesia yang Miliki Kekayaan Laut Melimpah!

Salah Satu Daerah di Indonesia yang Miliki Kekayaan Laut Melimpah!
info gambar utama

Sebagai sebuah wilayah, pasti kawan GNFI kerap mendengar nama Sulawesi Utara sebagai salah satu daerah yang memiliki kekuatan dalam sektor perikanan dan kelautan. Kondisi tersebut yang membuat pemerintah terus memperkuat bidang kelautan dan perikanan, yang dirasa memiliki peran penting dalam mewujudkan kemandirian ekonomi masyarakat di Sulawesi Utara.

Salah Satu Ikon Provinsi Sulawesi Utara Jembatan Soekarno
info gambar

Dilansir dari SindoNews, produksi kekayaan laut dalam sektor perikanan di Sulawesi Utara telah meningkat sebesar 5.99% dibanding tahun sebelumnya. Situasi tersebut juga membuat adanya peningkatan konsumsi sebanyak 0.41%, yang dipadu dengan kenaikan ekspor komoditi perikanan.

Disampaikan pula oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara bahwa sektor kelautan merupakan salah satu program prioritas dari pembangunan daerah, khususnya di kawasan Sulut itu sendiri. Nantinya, melalui melimpahnya kekayaan laut yang dimiliki Sulut juga mampu mewujudkan kekuatan pangan dalam menunjang berbagai sektor pembangunan lain.

Salah Satu Pesona Laut Milik Sulawesi Utara
info gambar

Sulawesi Utara sebagai sebuah wilayah dirasa memiliki potensi sumber daya kemaritiman yang luar biasa. Aneka kekayaan laut menjadi faktor utama yang membuat Sulut mampu memberikan peningkatan positif terhadap sektor kelautan di Indonesia. Perkembangan tersebut juga didukung oleh bantuan dari pemerintah pusat yang memfokuskan pembangunan pada bidang maritim melalui pengelolaan sumberdaya perikanan, penguatan daya saing produk kelautan, dan pengelolaan ruang laut.

Berbagai kebijakan pun turut ditetapkan, khususnya dalam sektor kelautan dan perikanan yang menunjukkan hasil cukup menggembirakan. Hal tersebut dapat terlihat dari adanya kenaikan volume ekspor yang dibarengi dengan naiknya nilai ekspor. Selain kebijakan tersebut, pemerintah setempat juga terus melakukan cukup banyak agenda dalam bidang kelautan dan perikanan guna mendapat wadah yang efektif dalam meningkatkan sinergitas dan koordinasi serta integrasi dalam membangun sektor kelautan di Indonesia, khususnya di Sulawesi Utara.

Keindahan Panorama Laut yang Mempesona di Sulawesi Utara
info gambar

Wah jadi semakin bangga ya menjadi bagian dari Indonesia, yang memiliki anekaragaman dan kekayaan yang luar biasa. Maju terus kelautan dan perikanan Indonesia!


Sumber: Sindo News

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini