Wow! Taman Laut Ini Punya Cincin Karang Satu-satunya di Indonesia dan Terbesar di Dunia!

Wow! Taman Laut Ini Punya Cincin Karang Satu-satunya di Indonesia dan Terbesar di Dunia!
info gambar utama

Selain Taman Laut Bunaken dan Taman Laut Wakatobi yang terkenal di Pulau Sulawesi, ternyata juga ada satu taman laut yang tak kalah indah, yaitu Taman Nasional Takabonerate di Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan. Taman ini merupakan rumah bagi karang atol terbesar ketiga di dunia setelah Atol Kwajifein di Kepulauan Marshall dan Atol Suvadiva di Maladewa.

Taman Laut Takobonerate | Foto: triptrus.com
info gambar

Bagi yang belum tahu, atol adalah karang di laut yang berbentuk melingkar seperti cincin. Atol ini terbentuk dari sisa letusan gunung berapi yang terendam 2.000 meter di bawah permukaan laut yang lama-kelamaan akan membentuk aneka terumbu karang berbentuk bulat serupa cincin. Di sinilah surga bawah laut tercipta.

Luas total dari atol di Taman Laut Takabonerate sendiri adalah 220.000 hektar dengan sebaran terumbu karang seluas 500 kilometer persegi. Di sini ada sebanyak 261 jenis terumbu karang dari 17 jenis famili yang sudah teridentifikasi.

Pemandangan bawah laut Takabonerate dengan karang dan ikan-ikannya | Foto: berangan.com
info gambar

Terumbu karang yang sudah teridentifikasi diantaranya adalah Pocillopora eydouxi, Montipora danae, Acropora palifera, Porites cylindrica, Pavona clavus, dan Fungia concinna. Sebagian besar jenis-jenis ini membentuk terumbu karang atol dan terumbu tepi. Dengan pertumbuhan terumbu karang yang mencapai rata-rata 41 persen ini membuat Takabonerate layak menjadi salah satu destinasi wisata laut unggulan Indonesia.

Selain itu, jenis ikan di sini juga banyak. Ada sekitar 295 jenis ikan karang yang bernilai ekonomis tinggi, seperti kerapu (Epinephelus spp.), cakalang (Katsuwonus spp.), napoleon wrasse (Cheilinus undulatus), dan baronang (Siganus sp.). Berbagai biota lain seperti moluska, penyu sisik, penyu hijau, dan penyu lekang juga dapat ditemui di laut Takabonerate.

Penyu sisik yang bisa ditemui di Takabonerate | Foto: mongabay
info gambar

Potensi kekayaan alam bawah laut di Taman Nasional Takabonerate ini memang mudah untuk menarik perhatian para penyelam. Puluhan tempat menyelam tersedia di seluruh kawasan sini. Adapun andalannya adalah Perairan Tinabo Kecil, Pulau Tinanja serta wall reef di Latondu dan Jinato.

Ada juga lokasi yang unik, yaitu “sumur ikan” di Taka Lamungan. Tempat ini berupa lobang di dalam laut dengan ratusan ikan berenang keluar masuk di dalamnya.

Wah memang tak ada habisnya ya keindahan laut Indonesia. Selamat Hari Laut Sedunia!


Sumber: TripTrus, Detik Travel, Klik Hotel

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini