Dengan Panjang 172,90 Kilometer, Jalan Tol Ini Disebut Akan Menjadi Jalan Tol Terpanjang di Indonesia!

Dengan Panjang 172,90 Kilometer, Jalan Tol Ini Disebut Akan Menjadi Jalan Tol Terpanjang di Indonesia!
info gambar utama

Pemerintah Republik Indonesia menargetkan pembangunan jaringan tol Trans Jawa akan selesai pada tahun 2019. Salah satunya jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi atau yang kerap disebut Tol Probowangi. Bahkan disebut jika Tol Probowangi akan menjadi tol terpanjang di Indonesia.

Jalan tol yang menjadi penghubung Probolinggo hingga Banyuwangi tersebut merupakan titik akhir dari jaringan jalan Tol Trans-Jawa. Dilansir melalui Kompas, jalan Tol Probowangi dirancang hingga mencapai 172,90 kilometer yang terdiri atas tiga seksi, yaitu Seksi I Probolinggo-Besuki dengan panjang 46,5 kilometer, Seksi II Besuki-Asembagus 59,6 kilometer, dan Seksi III Asembagus-Ketapang dengan panjang 66,8 kilometer. Capaian panjang dari Tol Probowangi bahkan memiliki kelebihan sebanyak 56,16 kilometer dari Jalan Tol Cipali (Cikopo-Palimanan).

Jalan Tol Probowangi Disebut Akan Menjadi Tol Terpanjang di Indonesia
info gambar

Disebut lebih lanjut bahwa titik awal pembangunan tol tersebut akan dimulai dari Desa Gending Probolinggo. Sebagai sebuah pembangunan jalan yang berada di sisi timur Pulau Jawa, hal tersebut memberikan keuntungan juga menjadi lahan strategis bagi pemerintah guna meciptakan gerbang distribusi bagi logistik, barang, juga jasa dari area timur ke barat.

Lokasi Pembangunan Jalan Tol Probowangi
info gambar

Di sisi lain, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menargetkan jika Tol Probowangi harus dapat rampung dan bisa beroperasi di akhir tahun 2019, sehingga diharapkan masyarakat setempat segera dapat menikmati kenyamanan berkendara di daerah timur Jawa.

Lebih lagi hadirnya Merak-Banyuwangi melalui Tol Trans Jawa mampu membuat segala aktivitas perjalanan lebih efektif dan efisien. Tidak hanya dapat menghemat waktu, bahkan pengendara juga mampu menghemat tenaga dan ongkos perjalanan.

Selain itu, pembangunan Tol Probowangi diharapkan juga mampu meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi, khususnya di tiga kabupaten yang dilintasi yakni Probolinggo, Situbondo, dan Banyuwangi. Tak hanya itu, Tol Probowangi juga dikelilingi kawasan destinasi wisata menarik, sehingga nantinya tol tersebut juga dapat membantu membangkitkan ekonomi berbasis industri pariwisata.


Sumber: Kompas

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini