Pertama Kalinya Indonesia Mengekspor 60.000 Domba ke Malaysia

Pertama Kalinya Indonesia Mengekspor 60.000 Domba ke Malaysia
info gambar utama

Menteri Pertanian Andi Arman Sulaiman melepas 60.000 ekor domba yang diekspor untuk pertama kalinya ke Malaysia. Mentan menyampaikan, saat ini Pemerintah terus berupaya meningkatkan ekspor berbagai komoditas strategis pertanian, termasuk komoditas peternakan.

"Ini adalah kerjasama yang luar biasa. Dulu kita hanya mengekspor 210 ekor saja. Kini kita kirim 2.100 ekor per bulan. Artinya naik 1.000%. Malaysia memberikan kuota 60 ribu per tahun. Kita kirim 5 ribu ekor dulu per bulan," kata Andi Amran setelah meresmikan ekspor domba ke Malaysia di Balai Besar Karantina dan Peternakan Surabaya, Kamis (28/6/2018).

Dok Kementan
info gambar

“Kita telah ekspor daging sapi premium, pakan ternak, telur tetas, DOC dan daging ayam olahan, dan hari ini kita ekspor perdana domba sebanyak 2.100 ekor dengan estimasi nilai sebesar Rp. 3,78 Milyar” ujarnya.

“Ternak domba yang diekspor kali ini adalah domba jantan yang diperuntukkan sebagai ternak potong,” kata Amran. "Ekspor ini kita harapkan terus berlanjut secara kontinyu sesuai perjanjian kerjasama antara PT. Inkopmar Cahaya Buana dengan pihak importir di negara Malaysia, yang diproyeksikan kebutuhan di Malaysia sebanyak 5.000 ekor per bulan dapat dipasok dari Indonesia, sehingga diharapkan kebutuhan 60.000 ekor domba per tahun untuk negara Malaysia dapat terpenuhi," tegasnya

"Ekspor ini membuktikan bahwa kita bisa swasembada protein. Ekspor membuka akses pasar global. Terbukanya pasar juga akan membuat peternak lebih bersemangat untuk beternak dan meningkatkan kuantitas maupun kualitas ternak potong siap ekspor dan bersaing dengan negara lain," pungkasnya.

Produksi daging kambing atau domba pada tahun 2017 mencapai 124.842 ton/tahun. Secara neraca mengalami surplus dibandingkan dengan kebutuhan nasional dengan konsumsi masyarakat terhadap daging kambing domba sekitar 13.572 ton/kapita/tahun. Amran juga mengatakan ekspor domba ini adalah peluang emas yang harus dimanfaatkan oleh para petani. Dengan melakukan ekspor domba tersebut harga akan menjadi naik.

Sumber : Detik, Tribun News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini