Adalah film Sekala Niskala (The Seen and Unseen) dan Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak (Marlina the Murderer in Four Acts). Kedua film tersebut ditampilkan dalam Shanghai International Film Festival (SIFF) 2018 yang berlangsung pada 16-24 Juni lalu.

Menurut Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Shanghai, dua film yang belakangan memang mengharumkan nama Indonesia itu berhasil memukau penonton. Hal ini juga dibenarkan oleh Badan Perfilman Indonesia.

“Kedua film tersebut menyedot 500 penonton di Shanghai,” kata Dewi Umaya, Wakil Ketua Umum Badan Perfilman Indonesia.

Dewi pun berharap prestasi ini semakin membuka gerbang bagi Indonesia.

“Kami berharap lebih banyak lagi film Indonesia yang bisa tayang di SIFF berikutnya. Bahkan bisa menembus pasar film Tiongkok yang sangat terbatas untuk film asing,” katanya.

Indonesia perlu berbangga karena karya filmnya dapat turut serta dalam SIFF  yang tidak mudah, terutama untuk film asing. Selain diseleksi dengan ketat, festival tersebut juga telah diakui International Federation of Film Producers Associations. Tak heran bila dalam festival kemarin, ada dua aktor Hollywood yang turut hadir. Mereka adalah Jason Statham dan Nicolas Cage.

Karena Sekala dan Marlina memang sudah sering mewakili perfilman Indonesia di dunia, maka tak heran kedua film tersebut pun bisa berada di SIFF ini. Bahkan, SIFF bukan festival bertaraf internasional pertama yang mereka sambangi. Sebelumnya, kedua film itu memenangi penghargaan sebagai film terbaik di TOKYO FILMeX 2017.

Sekala dan Marlina dapat penghargaan dari TOKYO FILMeX | Foto: Kompas
Sekala dan Marlina dapat penghargaan dari TOKYO FILMeX | Foto: Kompas

Sementara Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak sendiri sudah mencuri perhatian sejak tayang di Cannes Film Festival pada Mei tahun lalu. Film yang dibintangi Marsha Timothy itu lalu didistribusikan di 40 negara, termasuk di Amerika.

Film hasil kerja sama Cinesurya dengan Kaninga Pictures, serta perusahaan asal Prancis, Malaysia, Singapura, dan Thailand itu mendapatkan rating Tomatometer di Rotten Tomatoes sebesar 7.7 dari 10 sejak tayang di New York 22 Juni lalu. Film ini pun akan segera tayang di Los Angeles pada 6 Juli.

Sedangkan Sekala Niskala, pernah dinobatkan sebagai Film Remaja Terbaik di Asia Pasific Screen Awards 2017. Dalam situs rating ternama IMDb, film ini meraih bintang 6.8 dari 10.

Pada Maret lalu, Film Sekala Niskala juga berhasil meraih dua juara internasional, yaitu Critics' Choice Award dalam Festival International de Films de Fribourg dan Special Award of Premio SIGNIS dalam Festival Cinema Africano, d'Asia e America Latina.


Sumber: CNN Indonesia

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu