Belajar Bersama Maestro di Studiohanafi: Diri Sebagai Medan Utama Bahan Karya

Belajar Bersama Maestro di Studiohanafi: Diri Sebagai Medan Utama Bahan Karya

Beberapa Peserta Belajar Bersama Maestro di Studiohanafi

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Perenungan yang dijalani seorang Seniman merupakan langkah awal untuk menemukan pijakan dalam berkarya. Pada Belajar Bersama Maestro di Studiohanafi, seluruh proses pembelajaran berinti pada perenungan untuk meningkatkan kemampuan membaca diri dan menyampaikannya pada karya. Adanya proses perenungan mampu membuat ide materi karya menjadi lebih matang. Selain itu, karya yang dihasilkan dapat dipresentasikan dengan lebih baik juga. Pengenalan diri dan pesan dari karya yang dibuat akan semakin meningkatkan rasa percaya diri dalam presentasi karya.

Seperti pesan yang disampaikan oleh Afrizal Malna pada hari ke-6 Belajar Bersama Maestro di Studiohanafi, untuk memiliki pesan yang matang dalam setiap karya, tubuh dapat menjadi medan utama bahan karya. Kenangan ataupun rasa yang dialami oleh diri, selami lebih dalam lagi untuk memperkaya pesan dan membuat karya semakin matang.

Untuk memahami proses ini dengan lebih baik, Hanafi bersama asistennya Ica mengajak Peserta untuk melukis di atas kaos di hari ke-7 Belajar Bersama Maestro di Studiohanafi. Temanya tentu saja adalah tentang diri sendiri. "Pilihannya bebas. Bisa hobimu, melukis wajah sendiri dan segala hal yang bisa menunjukan bahwa yang dilukis tersebut adalah kamu,” jelas Ica.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Pada kaos putih sebagai media, lukisan yang dibuat akan terlihat jelas. “Sebelum melukis, milikilah gambaran di kepala," pesan Hanafi. Proses melukis di kaos pun diawali dengan membuat sketsa di atas kertas putih, sebelum mulai melukiskannya langsung di atas kaos. Proses penggambaran sketsa ini merupakan sarana untuk menuangkan gambaran ide ataupun konsep yang sudah ada di kepala masing-masing Peserta. Dengan adanya sketsa, risiko untuk terjadinya kesalahan pada proses melukis di atas kaos dapat dikurangi.

Selain untuk meningkatkan kemampuan membaca diri, pembelajaran berupa melukis di atas kaos dengan tema yang berhubungan dengan pribadi Peserta Belajar Bersama Maestro di Studiohanafi merupakan proses latihan untuk berkarya secara mandiri. Lukisan yang dibuat di atas kaos dapat menjadi barang yang dijual oleh Peserta. Dana yang didapatkan dari penjualan kaos lukis bisa menjadi tabungan untuk memenuhi kebutuhan peralatan berkarya. Minat dan bakat yang besar tentunya harus didukung dengan disiplin berlatih menggunakan peralatan yang lengkap. Seluruh Pengajar Belajar Bersama Maestro di Studiohanafi berusaha untuk sejak dini menanamkan sikap dan kemampuan mandiri sebagai seorang Seniman.

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
TAB CAPSULE HOTEL SURABAYA: SENSASI MENGINAP DI PESAWAT LUAR ANGKASA Sebelummnya

TAB CAPSULE HOTEL SURABAYA: SENSASI MENGINAP DI PESAWAT LUAR ANGKASA

Komik Si Nopal yang Mendunia Lewat Kerjasama dengan Facebook Selanjutnya

Komik Si Nopal yang Mendunia Lewat Kerjasama dengan Facebook

Talita Zahrah
@talitazahrah

Talita Zahrah

www.talitazahrah.wordpress.com

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.