MANG.ID, Aplikasi Pemasaran UMKM Berbasis Android Karya Tim PKM UB

MANG.ID, Aplikasi Pemasaran UMKM Berbasis Android Karya Tim PKM UB

Logo MANG.ID

Semakin berkembangnya teknologi informasi bukanlah hal yang sulit untuk didapat, terutama bisnis. Dengan teknologi, manusia dapat mencari informasi yang dibutuhkan, termasuk informasi mengenai Usaha Mikro Kecil Menengah. Sayangnya, banyak masyarakat menengah ke bawah yang mengalami kesulitan untuk mengakses informasi tersebut karena terbatasnya modal dan wawasan teknologi. Padahal teknologi memiliki dampak positif terhadap kemajuan suatu usaha. Pemasaran adalah hal yang paling penting dalam perkembangan suatu bisnis, termasuk UMKM. Banyak Usaha Mikro Kecil Menengah yang seharusnya dapat menjadi usaha yang memiliki prospek bagus, mengalami kesulitan memperluas dan mengiklankan produk mereka. Padahal banyak Usaha Mikro Kecil Menengah yang memiliki produk yang tidak kalah saing dengan produk dari pengusaha-pengusaha yang memiliki modal besar. Hal ini dikarenakan masih kurangnya sosialisasi pengaruh sosialisasi pengaruh teknologi internet terhadap perkembangan UMKM.

Banyaknya keluhan UMKM mengenai sulitnya melakukan promosi, mendasari tim yang terdiri dari Yamamo Satrio (FEB), Raditya Hidayat (FEB), Joshua Lagutan Manullang (FEB), Tobing Setyawan (FILKOM), dan Junior (FTP) ini untuk mendirikan MANG.ID. MANG.ID merupakan salah satu karya mahasiswa FEB UB yang turut diperlombakan di Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang Penerapan Teknologi (PKM-T). Setelah lolos monitoring, evaluation dan pendanaan, peserta PKM ini akan diperlombakan di Korea pada bulan Desember mendatang. Saat, ini MANG.ID yang dibimbing oleh Pak Sigit Pramono S.E M.Sc telah bekerjasama dengan pihak programmer untuk pembuatan aplikasinya agar segera dapat diunduh di playstore. MANG.ID diharapkan akan menjadi wadah promosi bagi UMKM yang membutuhkan media untuk memasarkan produknya. MANG.ID yang didesain dalam bentuk aplikasi diharapkan dapat memudahkan para UMKM karena tidak membutuhkan biaya yang besar dan dapat diakses hanya dengan jaringan internet. Di dalam aplikasi ini pemilik UMKM dan pembeli dapat berkomunikasi secara langsung untuk melakukan transaksi pembelian. Juga terdapat fitur memasang tulisan atau artikel secara online di dalam aplikasi ini.

“Harapannya kedepannya, semoga MANG.ID dapat membantu UMKM dalam menjalankan usahanya” ujar Satrio, salah satu anggota tim. Sebelumnya tim ini juga telah melakukan penginputan 100 database UMKM. Ide ini juga sejalan dengan program pemerintah yang saat ini sedang marak menumbuhkan jiwa-jiwa entrepreneur di masyarakat. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan para entreprenur yang masih baru dapat terfasilitasi dengan baik. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di Google Playstore.


Sumber: Tim Pengembang Mang.ID

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Ekspansi Lagi di 2 Negara, Gelombang Kedua Ekspansi Go-jek Dimulai Sebelummnya

Ekspansi Lagi di 2 Negara, Gelombang Kedua Ekspansi Go-jek Dimulai

Ternyata Orang Perancis Suka Makanan Indonesia Selanjutnya

Ternyata Orang Perancis Suka Makanan Indonesia

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.