Samantha Edithso, Bocah 10 Tahun yang Raih Gelar Juara Dunia Catur

Samantha Edithso, Bocah 10 Tahun yang Raih Gelar Juara Dunia Catur
info gambar utama

Kabar terbaru datang dari dunia olahraga catur. Salah seorang anak bangsa kembali membawa harum nama Indonesia di kancah internasional. Namanya, Samantha Editsho seorang bocah berusia 10 tahun, yang kemudian berhasil meraih gelar juara dunia dalam ajang FIDE World Championship 2018 U-10 yang berlangsung di Minks, Belarusia akhir Juni lalu.

Bahkan kehadiran Samantha dalam ajang tersebut disebut tak terkalahkan. Dalam sembilan partai yang ada, Samantha berhasil mengumpulkan 8.5 poin. Satu-satunya hasil remis atau imbang didapatnya ketika berhasil mengalahkan Afruza Khamdamova dari Uzbekistan di babak ketiga. Afruza Khamdamova sendiri merupakan pecatur bergelar WCM yang juga merupakan FIDE World School Chess Championship 2017.

Samantha Edithso Saat Berlaga di Cabang Catur Beberapa Waktu Lalu | Sumber Dok: Pepnews
info gambar

Diketahui bahwa capaian kali ini bukanlah satu-satunya prestasi yang pernah diukir Samantha Edithso. Dilansir melalui Liputan6 bahwa Samantha Edithso sebelumnya pernah meraih medali emas catur kilat dalam ajang Kejuaraan Catur Antar Pelajar Asia ke-13 di Panjin, Provinsi Liaoning, Tiongkok pada 2017 lalu.

Lebih lagi, pada kejuaraan ini Samantha rupanya berhasil menaklukkan saingan yang cukup berat yakni pecatur asal Filipina WFM Doroy Allaney Jia.

Melalui kemenangannya Samantha Edithso membuktikan bahwa di umur yang sangat muda, ia mampu berprestasi bahkan membawa harum nama bangsa di kancah dunia. Mental bertanding dan semangat yang luar biasa, hendaknya menjadi contoh bagi anak bangsa lainnya untuk tetap semangat memberikan yang terbaik.

Samantha Edithso Saat Berhasil Jadi Juara Dunia di Ajang Catur | Sumber Dok: Seword.com
info gambar

Disampaikan pula oleh Samantha, usai menjuarai ajang FIDE World Championship 2018 ini, ia berupaya untuk terus mengejar mimpi, salah satunya yakni menjadi Grandmaster termuda di dunia.

Mari kita doakan agar impian tersebut dapat segera terwujud ya. Bangga anak bangsa!


Sumber: Liputan6 | Mojok.com

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini