Wonderful Indonesia Geopark, Diprediksi Sumbang 1,1 Juta Wisatawan Asing

Wonderful Indonesia Geopark, Diprediksi Sumbang 1,1 Juta Wisatawan Asing
info gambar utama

Taman Bumi atau yang akrab disebut Geopark kini telah menjadi daya tarik pariwisata unggulan di Indonesia, khususnya dalam bidang ekowisata. Hal ini disebabkab Geopark atau Taman Bumi tersebut telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kunjungan wisatawan mancanegara di Indonesia.

Dilansir melalui laman resmi Kementerian Pariwisata Indonesia, Menteri Pariwisata menyebut jika potensi Wonderful Geopark of Indonesia bila dikombinasikan dengan daya tarik ekowisata, mampu memberikan kontribusi besar terhadap kunjungan wisata yang ada di Indonesia. Untuk itu tak heran jika saat ini perangkatnya juga tengah meningkatkan nilai kunjungan tersebut melalui kerja sama dengan negara-negara anggota UNESCO Global Geopark seperti Malaysia dan China dalam hal kerja sama promosi wisata negara.

Taman Nasional Ciletuh yang Menjadi Salah Satu Geopark Kebanggaan Indonesia
info gambar

Situasi demikian pun turut diperkuat dengan keberadaan Indonesia sebagai salah satu negara yang memiliki UNESCO Global Geopark terbanyak di Asia, yakni Ciletuh, Gunung Sewu, Gunung Batur, dan Gunung Rinjani.

Gunung Sewu yang Juga Ditetapkan Sebagai Geopark | Travel Mates
info gambar

Disebut pula oleh Menteri Pariwisata bahwa di tahun 2019 ini kontribusi wisatawan mancanegara dari wisata geopark akan ditarget sebanyak 1,1 juta atau mencapai 5.5% dari target 20 juta kunjungan wisatawan mancanegara dengan perolehan devisa sekitar US$ 2 miliar.

Di sisi lain, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman juga menyampaikan bahwa Geopark menjadi salah satu daya tarik wisatawan yang perlu dikapitalisasikan secara efektif guna mampu mensejahterakan masyarakat dan menjadi sumber penerimaan negara yang menjanjikan.

Wah kita doakan agar pencanangan juga aneka inovasi demi pariwisata Indonesia tersebut dapat berjalan lancar dan sukses ya.

Maju terus Pariwisata Indonesia!


Sumber: Kementerian Pariwisata Indonesia

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini