Siap Pecahkan Rekor MURI, Bengkulu Gelar Festival Sate Gurita

Siap Pecahkan Rekor MURI, Bengkulu Gelar Festival Sate Gurita
info gambar utama

Pemerintah Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu akan menggelar Festival Sate Gurita terpanjang di Indonesia dengan target memecahkan rekor Muri (Museum Rekor Dunia Indonesia) dan sekaligus memancing minat wisatawan berkunjung.

"Ini juga mempromosikan potensi kuliner lokal di Kaur," kata Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Dinas Pariwisata Kabupaten Kaur, Exa Vero Renggi, Minggu pada Antara.

Festival kuliner ini rencananya dihelat pada 29 Juli mendatang, bertepatan dengan Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) 2018 tingkat Provinsi Bengkulu dimana Kabupaten Kaur didapuk sebagai tuan rumah.

Sate Gurita. Foto: Tastemade
info gambar

Gusril Pausi, Bupati Kaur, menjelaskan bahwa sate tersebut berbahan dasar utama daging gurita. Hal ini dikarenakan gurita dikenal cukup banyak dihasilkan dari laut Kabupaten Kaur.

Kabupaten Kaur merupakan daerah penghasil laut dengan ikan berkualitas ekspor, termasuk gurita. Dari penjualan gurita para nelayan dapat memenuhi kebutuhan ekonomi sehari-hari.

 Sate gurita di Dangau Datuk, gerai Kedai Pesonk, Bengkulu, Minggu (24/6/2018). Foto: KOMPAS.com/FIRMANSYAH
info gambar

"Saat ini kami menyiapkan 500 kilogram gurita, rencana kegiatan nantinya akan menghasilkan 5.000 tusuk sate gurita dengan panjang jejeran sate sekitar 200 meter," kata Bupati Kaur, Gusril Pausi, Sabtu (14/7/2018) dilansir Kompas.

Selain gurita, Kabupaten Kaur juga memiliki kuliner andalan seperti ikan meale, ikan mungkus yang dihasilkan dari Sungai Padang Guci dan banyak lainnya. "Banyak potensi kuliner, wisata alam, budaya di Kabupaten Kaur yang harus dipopulerkan. Agar orang tahu bahwa Kaur juga menjadi pilihan populer untuk berwisata," tambah Gusril.

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini