Luar Biasa! Ekspor Perdana Kopi Mencapai 15 Ton

Luar Biasa! Ekspor Perdana Kopi Mencapai 15 Ton
info gambar utama

Untuk pertama kalinya, Indonesia melakukan ekspor kopi ke luar negeri. Ekspor perdana ini dilakukan ke Taiwan sebesar 15 ton. Hal ini dilakukan oleh kelompok tani binaan Kopi Asli Urang Garut (Kasuga).

Dedi Junaedi, Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan Kementerian Pertanian, menjelaskan bahwa ekspor kopi perdana ini menjadikan tolok ukur untuk memajukan kopi khususnya hasil dari Kabupaten Garut. Selain ke Taiwan, akan ada ekspor susulan ke berbagai negara lainnya.

"Momentum ini sangat penting bagi (Kementan) untuk mendukung ekspor perdana ke Taiwan dan selanjutnya ada permintaan lagi ke Ukraina. Luar biasa peran petani Kabupaten Garut dan pemerintah akan terus memberikan dukungan dan semangat," kata Dedi yang dikutip dari wartaekonomi.co.id

Pemerintah akan menciptakan sebuah sistem perekonomian yang berlembaga di mana petani dapat bergabung dengan kelompok tani dan dapat membangun koperasi. Menurutnya, kopi adalah komoditas startegis dan yang diutamakan oleh Kementrian. Meskipun dalam hal dana yang dikeluarkan dari APBN terbilang kecil sehingga perlu adanya himpunan dana dari setiap kelompok tani dan juga pelaku usaha.

Helmi Budiman, Wakil Bupati Kabupaten Garut, menjelaskan meskipun ekspor perdana yang dilakukan baru 15 ton, ke depannya dapat meningkatkan permintaan dan tersebar ke beberapa negara lainnya. Seperti Ukraina, Dubai, Amerika, Eropa, dan negara lainnya.

Sumber : Wartaekonomi

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini