Luar Biasa! Ekspor Perdana Kopi Mencapai 15 Ton

Luar Biasa! Ekspor Perdana Kopi Mencapai 15 Ton

pexels

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠. Rekomendasi lain dari WHO

Untuk pertama kalinya, Indonesia melakukan ekspor kopi ke luar negeri. Ekspor perdana ini dilakukan ke Taiwan sebesar 15 ton. Hal ini dilakukan oleh kelompok tani binaan Kopi Asli Urang Garut (Kasuga).

Dedi Junaedi, Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan Kementerian Pertanian, menjelaskan bahwa ekspor kopi perdana ini menjadikan tolok ukur untuk memajukan kopi khususnya hasil dari Kabupaten Garut. Selain ke Taiwan, akan ada ekspor susulan ke berbagai negara lainnya.

"Momentum ini sangat penting bagi (Kementan) untuk mendukung ekspor perdana ke Taiwan dan selanjutnya ada permintaan lagi ke Ukraina. Luar biasa peran petani Kabupaten Garut dan pemerintah akan terus memberikan dukungan dan semangat," kata Dedi yang dikutip dari wartaekonomi.co.id

Pemerintah akan menciptakan sebuah sistem perekonomian yang berlembaga di mana petani dapat bergabung dengan kelompok tani dan dapat membangun koperasi. Menurutnya, kopi adalah komoditas startegis dan yang diutamakan oleh Kementrian. Meskipun dalam hal dana yang dikeluarkan dari APBN terbilang kecil sehingga perlu adanya himpunan dana dari setiap kelompok tani dan juga pelaku usaha.

Helmi Budiman, Wakil Bupati Kabupaten Garut, menjelaskan meskipun ekspor perdana yang dilakukan baru 15 ton, ke depannya dapat meningkatkan permintaan dan tersebar ke beberapa negara lainnya. Seperti Ukraina, Dubai, Amerika, Eropa, dan negara lainnya.

Sumber : Wartaekonomi

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Hindari menyentuh wajah
  6. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga69%
Pilih SedihSedih6%
Pilih SenangSenang19%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau6%
Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

FOTO: Cara Orang Bali Asli Menghargai Alam Sebelummnya

FOTO: Cara Orang Bali Asli Menghargai Alam

Menyaksikan Cara Seniman Memberi HIburan Saat Sedang #dirumahaja Selanjutnya

Menyaksikan Cara Seniman Memberi HIburan Saat Sedang #dirumahaja

Fachrezy Zulfikar
@fachrezy

Fachrezy Zulfikar

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.