Wow! Sulsel Siapkan 3 Event Besar untuk Tarik Wisatawan

Wow! Sulsel Siapkan 3 Event Besar untuk Tarik Wisatawan

Makassar International Eight Festival © Gardanasional.id

Provinsi Sulawesi Selatan sudah menyiapkan tiga acara besar untuk menarik para wisatawan untuk datang. Tiga acara besar ini menjadi acara unggulan. Ketiganya masuk dalam 100 Wonderful Event Indonesia 2018. Ketiga acara tersebut adalah Eight Festival (F8), Lovely December, dan Festival Phinisi.

Sejak tahun 2016, Sulawesi Selatan telah mengalami peningkatan jumlah wisatawan. Menurut Sekretaris Daerah Sulawesi Selatan, Tautoto Tana Ranggina Saroengallo, dikutip dari Beritagar.id, ada 234.249 orang wisatawan mancanegara dan 8,4 juta wisatawan domestik yang berkunjung ke sana.

Dengan ketiga acara unggulan tersebut, Sulawesi Selatan menargetkan 250.000 wisman.

Peluncuran Tiga Event Unggulan Sulsel di Gedung Sapta Pesona, kantor Kemenpar, Jakarta/Kompas.com (Gaby Bunga)
Peluncuran Tiga Event Unggulan Sulsel di Gedung Sapta Pesona, kantor Kemenpar, Jakarta/Kompas.com (Gaby Bunga)

Makassar International Eight Festival and Forum (MIEFF) 2018

Acara ini akan berlangsung di Pantai Losari, Makassar pada tanggal 10-14 Oktober 2018. Terdapat delapan acara besar dalam festival ini: Fashion, Film, Food & fruit, Folk, Flora & fauna, Fine arts, Fusion music, Fiction writers & font.

Tahun lalu, festival ini menampilkan 10 ikon kuliner, 100 peserta kota dunia, 1.000 pertunjukan musik, 10.000 atraksi budaya, 100.000 pagelaran seni dan pertunjukan, dengan target 1 juta pengunjung.

Lovely December

Lovely December juga disebut dengan Festival Lovely Toraja. Acara ini akan berlangsung di Kota Makale pada tanggal 28-29 Desember 2018.

Banyak kegiatan yang telah dipersiapkan, seperti Festival Kopi dan International Barista Competition, Festival foto wisata, Toraja Night Run, pameran kuliner dan pameran seni budaya.

Tahun lalu, festival ini berhasil meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Tana Toraja hingga 35 persen.

Festival Phinisi

Festival Phinisi merupakan acara yang menunjukkan keunikan budaya pembuatan kapal kayu Phinisi. Pengunjung bisa melihat langsung proses pembuatan sampai peluncuran kapal pinisi yang merupakan warisan budaya sekaligus ikon Indonesia sebagai negara maritim.

Acara ini berlangsung di Kabupaten Bulukumbang pada tanggal 13-16 September 2018.

Masih banyak acara di Sulawesi Selatan hingga tahun 2018, seperti Beautiful Malino di Gowa pada 14-15 Juli, Toraja Marathon di Tana Toraja pada 20 Oktober, Festival Takabonerate dan Sail & Sale Selayar di Kepulauan Selayar pada 23-28 Oktober, dan Festival Danau Tempe pada 19-22 September.


Sumber: Kompas I Beritagar I Makassar Terkini

Pilih BanggaBangga17%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang33%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau50%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Mengintip Indahnya Kokokan di Petulu Bali Sebelummnya

Mengintip Indahnya Kokokan di Petulu Bali

Rimba Baca, Perpustakaan yang ‘Lebat’ Ilmunya Selanjutnya

Rimba Baca, Perpustakaan yang ‘Lebat’ Ilmunya

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.