Bangunan Modern yang Wajib Anda Kunjungi di Asia Tenggara

Bangunan Modern yang Wajib Anda Kunjungi di Asia Tenggara
info gambar utama

Bagi sebagian orang, Asia Tenggara merupakan rumah bagi bangunan kuno bersejarah maupun pulau-pulau eksotis. Namun nyatanya Asia Tenggara tidak hanya kaya akan hal-hal tersebut tapi juga merupakan rumah bagi beberapa bangunan termodern dan terunik dunia.

Kompas.com telah merangkum 7 bangunan modern di Asia Tenggara yang wajib anda kunjungi:

Green School, Bali - INDONESIA

A post shared by Green School (@greenschoolbali) on

Dengan nama Green School (Sekolah Alam), maka bukan hal baru jika bangunan ini dikelilingi oleh hehijauan.

Sekolah berkonsep ramah lingkungan ini dibangun menggunakan bahan-bahan alami seperti bambu dan rumput lokal, serta memiliki dinding yang terbuat dari lumpur.

Serta mengenakan energi terbarukan dari sebuah sistem tenaga mikro hidro dan panel surya.

Bandara Suvarnabhumi, Bangkok - THAILAND

Bandara Suvarnabhumi dirancang oleh Helmut Jahn, seorang arsitek keturunan Amerika-Jerman.

Bandara ini memiliki menara kontrol bandara tertinggi di dunia dan sebuah terminal yang luas dibangun dari kaca dan baja. Bangunan ini dibangun dengan konsiderasi iklim tropis Thailand.

ArtScience Museum - SINGAPORE

ArtScience Museum Singapura merupakan sebuah bangunan kontemporer yang berlokasi di area resort Marina Bay Sands.

Dirancang oleh arsitek Mofshe Safdie, museum ini sering dianggap sebagai "The Welcoming Hand of Singapore" (Tangan Singapura yang menyambut wisatawan), sebagaimana ia memiliki 10 bagian yang menyerupai jari, yang masing-masing memiliki filter yang menangkap cahaya matahari yang menerangi museum tersebut.

Selain itu bentuknya juga menyerupai bunga teratai.

Hei Tower, Hanoi - VIETNAM

#heitower.

A post shared by TRAN THAI LINH (@linh.trant) on

Dirancang oleh arsitek CMV, Hei Tower merupakan gedung pencakar langit yang terdiri dari perkantoran dan sebuah area komersil yang luas.

Bangunan ini merupakan campuran dari dua bangunan persegi empat dengan desain modern dan rapi. Menara ini juga terkenal akan taman luas yang dikelilingi oleh hehijauan.

Henderson Waves, Southern Ridges Walk - SINGAPORE

Terbuat dari kombinasi baja dan susunan kayu Balau, jenis kayu keras asli Asia Tenggara, Henderson Waves merupakan jembatan pejalan kaki tertinggi di Singapura.

Bentuknya menyerupai ombak dengan panjang sepanjang 274 meter. Jembatan ini merupakan titik populer bagi keluarga dan pelari. Saat malam tiba, jembatan ini diterangi oleh lampu-lampu LED.

CT Hub - SINGAPORE

Berfungsi sebagai bangunan industri, CT Hub Singapura dirancang untuk menyerupai permata karena fasadnya berisi pola geometrik kompleks yang dibentuk menggunakan LED digital.

Bangunan ini memiliki taman outdoor, yang dibangun untuk melengkapi penampilan unik bangunan ini.

Petronas Twin Towers, Kuala Lumpur - MALAYSIA

Menara kembar Petronas dirancang oleh arsitek asal Argentina, Cesar Pelli. Merupakan bangunan kembar tertinggi dengan tinggi hampir 500 meter.

Dengan ketinggian 88 lantai, menara ini unik karena jembatan angkasanya dan ketinggian serta bentuk mewahnya yang dapat dilihat dari seluruh penjuru Kuala Lumpur.


Sumber: Seasia.co

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini