Lion Air Lewati AirAsia X

Lion Air Lewati AirAsia X
info gambar utama

Lion Air Group hampir pasti menjadi operator pertama pesawat baru Airbus A330neo di Asia, melewati AirAsia X yang barusan menyatakan akan memborong 100 unit pesawat berbadan lebar tersebut. Lion Air dan Thai Lion Air masing-masing akan menerima batch pertama dari dua A330-900neo di 2019, yang akan membuat kedua maskapai di bawah Lion Air Group tersebut menjadi operator ke-3 dan ke-4 di dunia setelah WOW Air (Islandia) dan Azul (Brazil), seperti dilaporkan oleh CAPA beberapa hari lalu.

Airbus saat ini sedang dalam tahap akhir sertifikasi A330-900neo untuk dikirim ke maskapai TAP Portugal, sebagai launching customer.

Meski begitu, AirAsia X masih akan menjadi pengguna terbesar Airbus A330-900neo, saat AirAsia memesan 100 unit pesawat. Awalnya AirAsia X lah yang akan menjadi pengguna pertama di Asia, namun, AirAsia X berulang kali menunda pemesanan dan bahkan sempat mengancam untuk memesan Boeing 787 Dreamliner.

Sumber : seasia.co
Sumber :CAPA Fleet Database & seasia.co

A330neo merupakan versi terbaru dari Keluarga A330 yang berlorong ganda. Pesawat ini menggunakan mesin Rolls-Royce Trent 7000 generasi baru, sayap baru yang telah disempurnakan, dan penggunaan material komposit yang lebih banyak. Semua pembaruan ini menghasilkan konsumsi bahan bakar yang lebih hemat hingga 25 persen jika dibandingkan dengan pesawat dari generasi sebelumnya yang memiliki ukuran kurang lebih sama.

Sumber: seasia.co

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini