Tak melulu berkutat dengan buku, laboratorium, dan dinamika mahasiswa lain seperti berorasi dan kajian-kajian kebijakan, mahasiswa juga dapat membentuk soft skill bahkan meraih prestasi melalui peluang lain. Misalnya dengan bergabung di kegiatan ekstra kampus. Salah satu kegiatan ekstra tersebut misalnya Paduan Suara Mahasiswa (PSM).

PSM, yang identik dengan menyanyi, ternyata tidak terbatas diminati oleh perempuan, bahkan kampus yang jumlahnya didominasi laki-laki seperti Institut Teknologi Bandung (ITB) menjadi salah satu kegiatan ekstra terfavorit dan banyak mencetak prestasi.

Baru-baru ini, pada Jumat-Minggu, 20-22 Juli 2018, PSM ITB telah berhasil meraih delapan penghargaan sekaligus pada keikutsertaannya di “The 57th Seghizzi Internasional Choral Singing Competition 2018” yang diselenggarakan di Kota Gorizia, Italia. Seghizzi Choral Singing Competition sendiri merupakan ajang lomba paduan suara tingkat internasional, bukan hanya tingkat mahasiswa!

Seghizzi competition 2018 membuka tujuh kategori yang dilombakan, dua diantaranya yang diikuti oleh PSM ITB adalah kategori lagu-lagu era 1911-sekarang dan kategori lagu rakyat dan tradisional. Seghizzi competition juga membagi babak perlombaan menjadi semifinal, final dan Grand prix. Pada Grand prix inilah tiap-tiap kelompok paduan suara terbaik di tiap kategorinya diperlombakan kembali.

Adapun prestasi-prestasi yang diraih ITB di ajang yang juga diakui oleh Ketua PSM ITB, Tiffany Talita sebagai misi memperkenalkan kebudayaan Indonesia di Eropa, adalah sebagai berikut:

(1) Grand Prix 1st runner-up,

(2) 1st runner-up kategori 1d ,

(3) 1st runner-up seluruh kategori 1 (a-d),

(4) 1st prize kategori 2a,

(5) 1st prize seluruh kategori 2 (a-c),

(6) Penghargaan khusus "poetry in music" untuk penyampaian terbaik makna puisi dalam lagu,

(7) Penampilan favorit audiens kategori 2a dan

(8) Kostum terbaik.

Tim paduan suara mahasiswa yang berjumlah 38 peserta tersebut berharap agar prestasi yang mereka raih di ajang yang diikuti oleh total sembilan kelompok paduan suara internasional tersebut dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi kelompok paduan suara lainnya. Adapun selain PSM ITB, terdapat juga kelompok PSM tanah air yang berada di dalam daftar sembilan peserta tersebut, yaitu PSM Universitas Diponegoro (Undip), Semarang.


Sumber: ITB

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu