Anak bangsa kembali menorehkan prestasi yang membanggakan untuk Tanah Air. Kali ini para pelajar SMA berhasil meraih medali emas di ajang International Physics Olympiad (IPhO) 2018 di Lisbon, Portugal.

Melalui laman KBRI Lisbon seperti yang tertulis dalam detik.com, capaian tersebut berhasil disabet oleh Johanes Suhardjo dari SMAK Frateran Surabaya. Lebih lagi tak hanya medali emas, Indonesia turut mendapat beberapa medali lain seperti halnya medali perak oleh Jason Jovi Brata dari SMAK 1 BPK Penabur Jakarta, medali perunggu oleh Ahmad Aufar Thoriq dari SMA Semesta BBS Semarang, Bryant Juspi dari SMA Darma Yudha Pekanbaru, dan Raditya Adhidarma Nugraha dari SMAN 1 Yogyakarta.

Wajah Bahagia Pelajar Indonesia Usai Mencetak Kemenangan
Wajah Bahagia Pelajar Indonesia Usai Mencetak Kemenangan

IPhO 2018 atau yang akrab dikenal dengan Olimpiade Fisika Internasional berlangsung sejak 21-29 Juli 2018 lalu. Ajang tersebut pun diikuti oleh siswa sekolah menengah dari kurang lebih 87 negara. Dari negara-negara tersebut diketahui bahwa perolehan 17 medali emas berhasil diraih oleh 11 negara Asia, 4 Eropa, 1 Amerika Serikat, dan 1 Australia.

Di sisi lain ketua delegasi Indonesia di ajang Olimpiade Fisika Internasional 2018 menuturkan jika dalam kompetisi IPhO 2018 setiap siswa wajib menjalani dua jenis ujian yakni theoretical dan experimental.

Selanjutnya, Duta Besar RI untuk Portugal turut mengungkapkan rasa bangga dan bahagianya mendapati anak bangsa mampu meraih capaian yang luar biasa. Baginya kemenangan ini menjadi hadiah manis jelang ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia. Apalagi ini juga menjadi ajang pembuktian bahwa pelajar Indonesia memiliki potensi yang sama tingginya dengan pelajar lain di dunia.

Para Pelajar SMA Indonesia yang Berhasil Membawa Namu Harum Bangsa | Sumber: Kaskus
Para Pelajar SMA Indonesia yang Berhasil Membawa Namu Harum Bangsa | Sumber: Kaskus

Turut bangga dengan pencapaian anak bangsa. Semoga ke depannya akan selalu ada kabar-kabar menggembirakan dari berbagai anak bangsa.

Bangga Anak Indonesia!


Sumber: Detik.com

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu