Lima Destinasi Wajib Dikunjungi di Maumere Nusa Tenggara Timur

Lima Destinasi Wajib Dikunjungi di Maumere Nusa Tenggara Timur
info gambar utama

Maumere, ibukota kabupaten Sika, Nusa Tenggara Timur dianugerahi alam yang luar biasa dan juga sejarah dan budaya yang menarik.

Berikut ini lima destinasi rekomendasi favorit untuk dikunjungi saat mengunjungi Maumere.

Gereja Tua Sikka

The Portuguese had a big impact of spreading Catholicism in Flores and Timor. We visited the harbor where the portugese arrived. What a beutiful area. Easter is here and Maumere is full of celebration. It's been a real holyday during this ending of our holiday. ? We visited the old church of Sikka built by the Portuguese in 1899 with teak wood. We got invited by the pastor to his home next to the church. What a great experience for the kids. I'm happy the kids got a glimpse of a Catholic Easter. They are lucky to see so many different ceremonies and I hope that will teach them to be tolerant to people of different beliefs. Afterall our brain is our own and hence is our beliefs our own as well. #tolerance #easter #sikka #sikkaoldchurch #maumere #heritage #travelgram #holiday #flores #florestrip #happyeaster

A post shared by Kim Silander (@kimbala1975) on

Didesain oleh arsitek yang sama yang mendesain Katedral Jakarta, gereja dengan gaya Eropa dan Sikka ini dibangun pada tahun 1873. Terlepas dari umurnya yang tua, bangunan ini masih berdiri tegak dengan sebuah kubah setinggi 10 meter yang ditopang oleh pilar-pilar terbuat dari kayu jati.

Pengaruh budaya Sikka terlihat jelas saat memasuki gereja dan melihat dinding yang dihiasi dengan kain tenun ikat Sikka dengan motif Gabar (dibuat khusus bagi keturunan kerjaaan) dan Wenda (untuk warga lokal).

Pulau Pangabatang

Terletak sekita satu jam perjalanan dari pelabuhan Laurens Say di Maumere, lokasi ini sangat cocok bagi kalian yang ingin terlepas dari hiruk pikuk kehidupan kota. Didiami oleh hanya sektiar 60-80 orang, pulau Pangabatang memiliki sebuah edrmaga kecil untuk perahu nelayan berlabuh.

Berada disin iakan mmebuat kalian emrasa berdaa di sebuah pulau privat, disambut dengan hamparan pasir putih yang belum terjamah dilengkapi dengan beningnya air laut berwarna toska dengan ombak kecil berderu.

Anda dapat menikmati berenang, sunbathing,snorkeling, dandiving saat berada di pulau ini.

Bukit Nilo

Tempat ini terkenal akan patung Bunda Maria Segala Bangsa nya yang memiliki ketinggian 28 meter yang telah berdiri di atas bukit sejak 2004.

Patung ini dikelilingi dengan pepohonan dan sebuah kebun bunga yang indah.

Dari lokasi dimana patung tersebut berdiri anda dapat melihat kota Maumere secara keseluruhan sebagaimana patung ini terletak 1600 mdpl.

Gunung Rokatenda

Gunung yang meletus pada 2013 lalu ini terletak di pulau Palue yang memiliki luas 41 km. Untuk menuju kesini anda dapat menaiki boat dari pelabuhan di Maumere atau Ropa.

Saat tiba, beristirahatlah di Kampung Awa sebelum memulai pendakian selama kurang lebih empat jam hingga mencapai puncak Rokatenda. Perjalanan yang cukup melelahkan tersebut akan terbayar dengan disambutnya anda oleh hamparan tanah tandus dari kawah gunung yang akan membuat anda serasa berada di planet lain. Di sisi lain gunung anda akan menemui pemandangan Laut Flores sejauh mata memandang.

Pasar Geliting

Sebelum meninggalkan Maumere, pastikan anda singgah di pasar ini untuk membeli buah tangan. Di pasar tertua di Sika ini terdapat banyak penjual yang menjual produk lokal, dari tenun ikat hingga moke yang dijual di dalam botol plastik.

Anda juga dapat membeli berbagai macam produk pertanian atau ikan segar untuk dimasak sebagai sarapan di pasar.

Sumber: Jakarta Post

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini