Artikel ini akan membahas secara singkat dan jelas, apa itu Flag Football?  2-3 tahun belakangan ini, ada Olahraga baru yg sedang booming di kalangan anak usia 16 – 25 tahun di Indonesia. Olahraga itu adalah, Flag Football. Apa sih Flag Football itu?? Flag Football adalah olahraga serapan dari Olahraga terkenal Amerika, American Football.

          Yang di maksud serapan disini adalah, sama seperti Olahraga Futsal, yg merupakan Olahraga serapan dari Olahraga Sepak bola. Ya, setidaknya seperti itulah pengertian umum dari Olahraga Flag Football itu sendiri.

          Apa yg membuatnya berbeda dari American Football? Jika kalian lihat pada American Football, menggunakan Helmet, Body protector dll sebagai “pakaian dan syarat lengkapnya”, pada Flag Football, tidak perlu menggunakan hal tersebut.

          Kegunaan kenapa di American Football setiap pemain harus menggunakan helmet, body protector dsb adalah, karena pemain defense harus menghentikan permainan pemain Offense untuk mencetak skor dengan cara melakukan Tackle; menjatuhkan pemain (disebut Down), agar play berhenti. Tetapi, di Flag Football, pemain Defense hanya perlu menarik salah satu dari tiga (3) Flag, yang tergantung pada belt yg dipakai setiap pemain Offense, untuk menghentikan permainan. Oleh sebab itu, olahraga ini dinamakan Flag Football.

          Di Indonesia sendiri, Olahraga ini sudah masuk sejak awal 2000an. Namun sempat vakum, lalu kembali aktif dan dibentuklah IFFA, Indonesian Flag Football Association pada tahun 2009. Sejak saat itu, Flag Football sudah berkembang terbilang pesat, terbukti dengan terus bermunculannya Tim – tim baru di seluruh Indonesia ini.

          Di Kota - kota besar seperti Jakarta, Bandung, Jogja, dan Surabaya telah diadakan kompetisi Regional antar tim mulai level Minor (SMA sederajat) dan level Major (tingkat universitas - dewasa). Bahkan di Yogyakarta, sudah ada liga Flag Football perempuan! Lalu sementara ada beberapa Region yg hanya mengadakan Major League saja karena belum cukup memiliki pemain atau tim di Minor League. Namun, hampir seluruh Region di Indonesia dalam beberapa tahun belakangan ini telah memiliki Agenda pasti setiap awal tahun ajaran untuk melakukan sosialisasi ke sekolah - sekolah menengah atas, mengenalkan, mengajarkan, mensosialisasikan apa sih olahraga Flag Football itu.

          Untuk kompetisinya sendiri, IFFA memiliki 2 kompetisi tertinggi di Indonesia, yaitu Merdeka Bowl, yang diperuntukkan kepada tiap Regional, merupakan Tournament Nasional tertinggi di Indonesia, dan College Bowl, yang merupakan Tournament Nasional tertinggi yg diperuntukkan kepada Tim – Tim antar Universitas di seluruh Indonesia. Lalu ada Kompetisi “Friendly”, yg biasa di sebut NFG (National Friendly Game), bisa dibilang level kompetitif nya sedikit dibawah Merdeka Bowl, diperuntukkan kepada setiap tim Regional, atau tim dibawah naungan Regional, dan diadakan 2 tahun sekali berselingan dengan Merdeka Bowl yg juga diadakan 2 tahun sekali. Sementara College Bowl diadakan setiap tahunnya di akhir November.

          Di tahun 2018 ini, IFFA semakin gencar untuk mempopulerkan olahraga ini bersamaan dengan adanya Tournament Internasional yg kemungkinan besar akan melibatkan Tim Nasional Flag Football Indonesia. IFFA Conference Day merupakan “gerakan” awal IFFA di tahun ini, telah digelar januari 13, awal tahun ini dengan misi, menyamakan standard Flag Football di seluruh Region se-Indonesia, mencocokkan jadwal IFFA dengan jadwal Region di seluruh Indonesia, dan membahas masa depan Flag Football di Indonesia.

          Setelahnya, bertahap mulai bulan Februari, telah diadakan seleksi untuk Tim Nasional Flag Football Indonesia, memilih pemain – pemain terbaik untuk mewakili Indonesia diajang Internasional. Seleksi terakhir telah usai, diadakan Minggu 15 Juli lalu di Sidoarjo. Sementara menunggu pengumuman pemain lolos seleksi, pelatnas, dan sebagainya.

          Kutipan – kutipan diatas merupakan “bukti” bahwa, olahraga Flag Football semakin dikenal di Indonesia ini, terutama di wilayah Surabaya-Sidoarjo. Dan lebih menariknya lagi, Olahraga ini bisa dimainkan untuk semua kalangan, semua 'bentuk badan', dari yg berbadan besar, bertubuh tinggi, kecil, dan lain - lainnya, semua bisa bermain di Olahraga Flag Football ini.

Artikel ini juga bersifat mengajak anak2 muda, Surabaya dan Sidoarjo maupun sekitarnya untuk “mencoba”, menikmati, bahkan mulai menyukai Flag Football, Olahraga serapan dari American Football tersebut.

Let’s Play Flag Fooball!!


Sumber:

Tentang Flag Football

Cara bermain Flag Football

Posisi dalam Flag Football (Team Offense)

Posisi dalam Flag Football (Team Defense)

Kompetisi Flag Football di Indonesia

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu