Juara di Korea, Mahasiswa UGM Ciptakan Aplikasi dengan AI untuk Memperlajari Flora dan Fauna pada Batik

Juara di Korea, Mahasiswa UGM Ciptakan Aplikasi dengan AI untuk Memperlajari Flora dan Fauna pada Batik

Kemlu

Tujuh mahasiswa UGM yang tergabung dalam Tim Ba.TIC sukses meraih tiga penghargaan dalam ajang World Creativity Invention Olympic WICO (2018). Diselenggarakan di SETEC soul Exibition Trade Center pada 02-04 Agustus 2018, WICO adalah ajang inovasi dan invensi yang menampung kreativitas mahasiswa melalui pengembangan produk inovasi yang diciptakan.

WICO diikuti oleh 26 Negara dari sleuruh Dunia. dengan beranggotakan Muhammad Fadlullah ( Sekolah Pasca Sarjana, 2016), Fazlur Rahman ( F. Kehutanan, 2016 ), Laura Sofa Hana ( FEB, 2014), Piquita Della Audyana (MIPA, 2014), Mahardian Anjar lainggiarta (MIPA 2014), Mas Fariz Fadlilah Mufid (MIPA,2014), Ghilman Nafadza Hakim ( Filsafat, 2014 ), Tim Universitas Gadjah Mada mengusung Ba.Tic sebagai Inovasi yang diajukan dalam Ajang WICO ini.

BaTIC sendiri adalah kepanjangan dari (Batik with Technology embedded inside as Innovation in Conservation). BaTIC adalah sebuah aplikasi yang baru untuk kampanye konservasi flora di mana penerapannya menggunakan perpaduan antara fashion dan teknologi.

sumber : UGM.ac.id
sumber : UGM.ac.id

Ba.TIC menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) dan QR Code labeling sebagai alat transfer wawasan untuk mengetahui seluk beluk tentang flora ikonik dalam motif batik. QR Code labeling membantu menafsirkan model ilustratif yang tertuang di dalam motif batik dengan model realis yang sebenarnya ada di alam yang kemudian muncul dalam bentuk 3D di aplikasi Ba.TIC

Sejarah dan filosofi batik sebagai wujud cipta, rasa, dan karsa bangsa Indonesia juga dapat diketahui informasinya di dalam platform tersebut. Adanya teknologi Augmented Reality (AR) dan QR Code labeling dapat membantu menjaga keaslian dan kualitas produk.

Sumber : KBRI Seoul, UGM.ac.id

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Giliran Tim Paduan Suara UDINUS yang Raih Medali di Luar Negeri Sebelummnya

Giliran Tim Paduan Suara UDINUS yang Raih Medali di Luar Negeri

Sepak Terjang Perjalanan Cukur Rambut Asgar Selanjutnya

Sepak Terjang Perjalanan Cukur Rambut Asgar

Akhina Z
@fachrezy

Akhina Z

Writer

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.