Songket Palembang Berkibar di Eropa

Songket Palembang Berkibar di Eropa

Tim Ekspedisi Mapala Alfedya Berhasil Membawa Songket khas Palembang di Pendakian Gunung Elbrus © Patainanews

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Ada yang unik dari perayaan HUT ke-73 Republik Indonesia kali ini. Tiga pendaki Indonesia, rupanya berhasil menaklukan puncak Gunung Elbrus pada 14 Agustus 2018 lalu.

Ketiganya ialah Faldi Riswandi, Riza Husin, dan Riki Andriansyah yang berhasil menyusuri gunung tertinggi di Eropa tersebut. Menariknya, mereka pun turut mengenakan Songket Sriwijaya untuk mendaki gunung dengan ketinggian 5.624 mdpl itu.

Disampaikan oleh Sekretaris Pertama Fungsi Pensosbud KBRI Moskow, seperti yang terlampir dalam CNN Indonesia, bahwa tema ekspedisi pendaki kali ini adalah Songket Sriwijaya Menyapa Eropa, yakni ekspedisi mengenakan Songket Sriwijaya di puncak Elbrus.

Pendakian tersebut pun rupanya juga sebagai ajang mempromosikan Asian Games 2018, di mana Indonesia menjadi tuan rumah dalam perhelatan akbar pesta olahraga Asia tersebut. Terlebih ini juga menjadi bukti kecintaan mereka terhadap Tanah Air yang tanggal 17 Agustus kemarin memperingati HUT ke-73.

Di sisi lain, Duta Besar RI untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus turut menyampaikan rasa bangganya atas keberhasilan tiga anak bangsa yang telah membawa nama baik Indonesia. Menurutnya, kesuksesan ini merupakan hasil dari niat juga usaha yang kuat. Sebab mencapai puncak Elbrus bukanlah sesuatu yang mudah. Selain karena hadirnya salju, cuaca dan suhu di sana juga dapat berpengaruh pada perjalanan.

Diketahui bahwa ketiga pendaki tersebut merupakan pemuda asal Palembang yang tengah menempuh pendidikan di Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Palembang, Sumatera Selatan. Ketiganya pun tergabung dalam Mapala Alfedya.

Disebutkan bahwa ketiga anak bangsa tersebut tiba di Moskow pada Selasa (7/8) dan melanjutkan perjalanan ke Mineralny Vody kemudian Terskol pada Kamis (9/8). Setelah melalui penyesuaian suhu juga ketinggian, ketiganya memulai pendakian pada Senin (13/8).

Gunung Elbrus Merupakan Puncak Tertinggi di Eropa yang Dipilih Untuk Ekspedisi dari Mapala Alfedya Kali Ini | Sumber dok: Russia Beyond
Gunung Elbrus Merupakan Puncak Tertinggi di Eropa | Sumber dok: Russia Beyond

Pada pendakian tersebut ketiganya menyebut bahwa pendakian yang dilakukan tidaklah mudah. Sebab suhu udara mencapai minus 11 derajat celcius. Bahkan mereka sempat mengalami serangan sakit akibat suhu dan tinggi yang ekstrem. Namun, halangan tersebut nampaknya tidak mengurangi tekad juga semangat untuk mencapai puncak Elbrus.

Sebelumnya di tahun 2017 lalu, ketiga pendaki ini juga sukses membawa Songket khas Palembang di salah satu puncak dunia yakni Gunung Cartensz Pyramid di Papua. Selebihnya, di tahun 2019 nanti mereka berharap dapat membawa Songket Sriwijaya ke puncak Gunung Kilimanjaro di Afrika dan Aconcagua di Argentina.

Mari kita doakan agar rencana tersebut dapat terwujud. Turut bangga dengan pencapaian anak bangsa yang mendunia. Berkibarlah selalu Indonesia!


Sumber: CNN Indonesia

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Hadiah Kemerdekaan, Siswa Madrasah Juara Kompetisi Robot Internasional Sebelummnya

Hadiah Kemerdekaan, Siswa Madrasah Juara Kompetisi Robot Internasional

Siapa Sangka, Inilah Produk-Produk Buatan Indonesia yang Ternyata Mendunia Selanjutnya

Siapa Sangka, Inilah Produk-Produk Buatan Indonesia yang Ternyata Mendunia

Aninditya Ardhana Riswari
@anindityaar_1997

Aninditya Ardhana Riswari

anindityaardhana.wordpress.com

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.