Bisa Jadi Rekomendasi Menu Masakan, Inilah Beberapa Warisan Kuliner Indonesia Serba Kambing

Bisa Jadi Rekomendasi Menu Masakan, Inilah Beberapa Warisan Kuliner Indonesia Serba Kambing
info gambar utama

Idul Adha selalu berhubungan dengan Daging Kambing. Karena Hewan yang paling banyak diqurbankan adalah Kambing, meskipun tidak sedikit pula yang berqurban Sapi. Yang berqurban akan membagikan daging qurban kepada mereka yang membutuhkan, terkadang tetangga dari yang berqurban akan mendapat jatah dagingnya juga. Walapun daging qurban yang kita dapat itu adalah rejeki bagi kita, tapi kita yang menerima pasti akan kebingungan akan diolah seperti apa daging tersebut.

Indonesia memiliki warisan kuliner yang sangat banyak. Bahkan Indonesia memiliki beberapa pilihan menu untuk daging kambing. Berikut adalah pilihan menu yang bisa kawan GNFI coba dirumah agar tidak bosan saat menyantap daging kambing.

Nasi Goreng Kambing

PengusahaSukses.com
info gambar

Rasa Lezat nasi goreng kambing ini memang sudah melegenda. Banyak sekali warung yang menjual nasi goreng kambing ini. Kawan dapat membuatnya sendiri dirumah dengan cara daging kambing dipotong kecil-kecil lalu dimasak bersama dengan nasi putih dan rempah-rempah lainnya. Untuk memasak nasi goreng kambing, kawan bebas menggunakan bagian daging kambing mana pun. Hanya saja, kawan harus tetap memotong daging itu kecil-kecil agar tekstur daging menjadi lebih empuk. Bahan pelengkap nasi goreng kambing ini adalah taburan bawang goreng dan emping.

.

Tongseng Kambing

notepam
info gambar

Tongseng kambing adalah makanan khas Solo yang sudah dikenal di seluruh Indonesia. Tampilan dari tongseng kambing ini sekilas nampak serupa dengan gulai. Tetapi kedua hidangan ini memiliki citarasa yang berbeda. Kuah tongseng kambing lebih sedikit dan kental dibanding gulai.

.

Kambing Kurma Aceh

sumber : bacaterus.com
info gambar

Kurma aceh adalah hidangan daging kambing yang berasal dari Aceh. Walaupun namanya Kurma, Kurma Aceh justru menggunakan daging kambing sebagai bahan utamanya. Daging kambing yang dipakai pun adalah daging kambing yang masih ada tulangnya. Kemudian, daging kambing tersebut dimasak dengan campuran adas, kunyit, jahe, ketumbar, kayu manis, dan rempah-rempah lainnya untuk menghilangkan bau kambing yang sangat menyengat. Rasa Kurma Aceh ini cukup gurih ditambah dengan rasa pedas yang pastinya bikin ketagihan.

.

Kagape Kambing

sumber : vemale.com
info gambar

Kawan GNFI juga tidak boleh melewatkan hidangan dari Jepara yang satu ini. Adalah Kagape kambing yang merupakan makanan familiar di Jepara pada saat Idul Adha. Ada yang mengatakan bahwa kagape ini mirip dengan soto atau kari, tapi rasanya berbeda karena hidangan ini menggunakan air asam jawa dan santan kental. Kagape juga termasuk salah satu hidangan yang kaya rempah-rempah sehingga citarasanya begitu sedap. Penggunaan daging kambing ini membuat makanan khas Jepara ini jadi semakin lezat.

Sumber : bacaterus.com, vemale.com, notepam, pengusahasukses.com

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini