5 Program Nostalgia TVRI

5 Program Nostalgia TVRI

Serial ACI © Sumber: YouTube

Kawan GNFI pasti tahu TVRI kan? Televisi Republik Indonesia yang lebih dikenal dengan singkatan TVRI ini merupakan stasiun televisi pertama di Indonesia yang menjadikan Indonesia negara ke-4 di Asia yang memiliki stasiun televisi sendiri. TVRI pertama kali mengudara pada tanggal 24 Agustus 1962, yang menjadikan hari ini tepat peringatan hari lahir TVRI ke 56 tahun.

Perkembangan logo TVRI | Ilustrasi: Ario Nugroho / GNFI
Perkembangan logo TVRI | Ilustrasi: Ario Nugroho / GNFI

TVRI lahir berkat keinginan Presiden RI Ir. Soekarno untuk menyiarkan perhelatan Asian Games 1962 yang saat itu digelar di Jakarta. Sebagai siaran perdananya, Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke- 17 dari Istana Merdeka berhasil ditayangkan. Disiarkan sederhana dalam warna hitam putih.

Status TVRI adalah Lembaga Penyiaran Publik. Banyak sekali acara-acara berkualitas TVRI yang pernah ditayangkan yang sayangnya kini mulai berkurang jumlahnya karena persaingan dengan stasiun televisi lain.

Artikel ini dikhususkan untuk bernostalgia mengenai acara-acara berkualitas yang pernah tayang di TVRI di masa lampau.

Si Unyil

Sumber: Republika.co.id
Sumber: Republika

Diciptakan oleh Suyadi dan diproduksi oleh PPFN yang mengudara setiap hari Minggu pagi di stasiun TVRI mulai dari 5 april 1981 hingga 1993.

Bercerita mengenai anak SD bernama Unyil dan petualangannya bersama teman-temannya seperti Usro, Lany, Pak Ogah, dan Pak Raden. Nama Unyil berasal dari mungil yang berarti kecil.

Kawan GNFI pernah tahu permainan anak-anak "Hom-pim-pah alaihum gambreng"? Permainan tersebut berasal dari lagu tema seri Si Unyil ini lho.

Gemar Menggambar (bersama Pak Tino Sidin)

Muncul pertama kali di TVRI Yogyakarta pada 1976-1978 dan dilanjutkan di TVRI Jakarta untuk program serupa hingga beberapa tahun.

Sosok Tino Sidin yang dikenal dengan lukisan sketsanya sesungguhnya lebih diagungkan oleh komitmennya untuk menumbuhkan kegemaran melukis pada anak-anak. Kata pamungkas Pak Tino Sidin adalah "Bagus," ia lontarkan setiap kali memuji lukisan anak-anak yang dikirimkan kepadanya dalam membawakan Program Gemar menggambar di TVRI.

Dunia Dalam Berita

Penyiar Dunia Dalam Berita | Sumber: Bintang.com
Penyiar Dunia Dalam Berita | Sumber: Bintang.com

Siaran program berita mancanegara di TVRI yang ditayangkan setiap hari pukul 21:00-21:30 WIB dengan durasi selama 30-menit. TVRI menyiarkan program berita ini sejak tanggal 20 Juli 1973 dan berakhir pada tanggal 31 Desember 2008 karena buruknya peringkat jumlah penonton. Pada tanggal 4 Juni 2012, TVRI mulai menayangkan siaran Indonesia Malam sebagai pengganti Dunia dalam Berita yang tayang setiap hari pukul 19:00-20:00 WIB dengan durasi selama 1-jam dan TVRI kembali menayangkan Dunia dalam Berita yang tayang setiap Senin s/d Jum'at pukul 23:00 WIB mengudara selama 30 menit sejak pada tanggal 1 Maret 2015.

Aneka Ria Safari

Sumber: Dunia Nostalgia 80an
Sumber: Dunia Nostalgia 80an

Variety show unggulan TVRI pada tahun 1980-an. Idenya lahir dari tangan dingin Eddy Soed, saat bertemu dengan Menteri Penerangan, waktu itu Ali Moertopo. Dasarnya, keprihatinan pada nasib musik Indonesia yang kalah terus dalam bersaing dengan lagu-lagu Barat. Lalu muncul acara Aneka Ria Safari, acara musik itu sukses besar. Setiap pekan kehadirannya dinanti pemirsa TVRI -- satu-satunya stasiun teve yang ada hingga akhir 1980-an.

ACI atau Aku Cinta Indonesia

Sumber: Budi Warsito
Sumber: Budi Warsito

Film seri televisi yang ditayangkan di TVRI pada tahun 1980-an. Judulnya juga dapat berarti singkatan dari ketiga tokoh utamanya, Amir yang dimainkan oleh Agyl Syahriar, Cici oleh Dyah Ekowati Utomo, dan Ito oleh Ario Sagantoro.

Film serial ACI dirancang dan diproduksi oleh Pusat Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan (PUSTEKKOM) yang bertemakan pengembangan nilai-nilai kepribadian anak dan remaja, seperti: tanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerjasama, toleransi, saling menghargai/menghormati, sikap bersaing sehat, persahabatan, dan sikap sportif. Ditayangkan Televisi Republik Indonesia (TVRI) menayangkan film serial ‘Aku Cinta Indonesia (ACI)' pada tahun 1985-an.

Sumber: Kaskus

Pilih BanggaBangga62%
Pilih SedihSedih8%
Pilih SenangSenang23%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi8%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Asian Games dan Sejarah Pertelevisian Indonesia Sebelummnya

Asian Games dan Sejarah Pertelevisian Indonesia

Indonesia dan Brunei (Mungkin) Saling Iri Selanjutnya

Indonesia dan Brunei (Mungkin) Saling Iri

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.