Jauh Sebelum Skin Care Korea Menguasai, Ini Rahasia Kecantikan Wanita Indonesia (Bagian 2)

Jauh Sebelum Skin Care Korea Menguasai, Ini Rahasia Kecantikan Wanita Indonesia (Bagian 2)
info gambar utama

Jauh sebelum terkenalnya kosmetik atau produk skin care Korea Selatan membanjiri pasar, Indonesia lebih dahulu memiliki rahasia perawatan kulit cantik. Nenek moyang kita lebih awal menggunakan bahan-bahan yang ada di tanah Indonesia untuk diolah menjadi sesuatu yang dapat digunakan untuk merawat kecantikan kulit dan rambut. Bahan-bahan tersebut sebenarnya bukan rahasia bagi orang Indonesia, namun karena booming nya produk skin care korea selatan, eropa, dan amerika, membuat bahan-bahan tradisional asal Indonesia ini sedikit terlupakan. Apa saja bahan-bahan asli yang menjadi Rahasia Kecantikan Kulit dan tubuh wanita Indonesia?

.

Urang-aring

Sumber : WIkipedia
info gambar

Daun urang-aring sering disebut daun tinta adalah bahan alami yang dipakai untuk perawatan rambut sejak berabad-abad lalu. Urang-aring memiliki manfaat untuk menghitamkan rambut dan mencegah uban karena zat pewarna alaminya. Biasanya tanaman ini diolah menjadi minyak urang-aring. Tetapi Kawan juga bisa membuat produk perawatan alami dari urang-aring, kok. Caranya, siapkan segenggam daun urang-aring segar lalu ditumbuk hingga halus. Campurkan daun yang sudah ditumbuk tadi dengan sedikit air, kemudian gunakan untuk masker rambut. Diamkan selama beberapa saat sebelum dibilas.

.

Santan

Sumber : Hello Sehat
info gambar

Para nenek moyang kita dulu menggunakan santan sebagai bilasan setelah keramas. Karena santan mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan rambut. Bahan ini mengandung pelembap alami yang bisa mengembalikan vitalitas dan kilau rambut. Selain itu, santan juga bisa digunakan untuk merawat rambut yang rusak.

.

Beras

sumber : Kabar Sehat
info gambar

Beras mengandung pitera, yaitu bahan alami yang mampu menjaga kulit awet muda. Nenek moyang atau bahkan sampai saat ini masyarakat Indonesia biasa memanfaatkannya sebagai bedak dingin.

Pernah menemui orang yang masih menggunakan bedak dingin? atau kawan sendiri yang menggunakan?

.

Lidah Buaya

Sumber : Catatanmini.com
info gambar

Jauh sebelum produk lidah buaya asal korea menjamur dipasaran, nenek moyang kita menggunakan Lidah buaya asli yang dipetik dari kebun dirumahnya. Lidah buaya ini dapat digunakan untuk kulit merah karena terkena sinar matahari, masker rambut, tonik rambut, dan lain-lain.

Caranya : Gosokkan getah lidah buaya pada kulit kepala, kemudian pijat perlahan dan diamkan selama 15 menit. Bilas dengan shampo dan lakukan selama tiga kali dalam seminggu.

Sumber : Merdeka, Catatanmini, kabar sehat, wikipedia, hello sehat,

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini