5 Pulau Untuk Kemping Asyik di Kepulauan Seribu

5 Pulau Untuk Kemping Asyik di Kepulauan Seribu
info gambar utama

Kemah tak selamanya di pegunungan. Di Pulau Seribu, kita dapat kemping di tepian pantai cantik di pulau kecil ketika liburan usai Lebaran. Akan menyenangkan!

Kepulauan Seribu letaknya di lepas pantai Jakarta. Sangat mudah menuju ke sana, boleh dari Muara Angke atau dari Marina Ancol. Untuk yang ingin backpackeran boleh ke sana, atau yang tidak mau repot telah tersedia banyak paket wisata dari beragam operator biro tur.

Kepulauan Seribu pun adalah satu dari 10 destinasi prioritas yang dicanangkan Kementerian Pariwisata. Jadi prioritas, sebab memiliki bentangan alam yang jelita baik pulau, pantai serta dunia bawah lautnya. Dilabeli prioritas, berarti perlu mendapatkan perhatian penuh pemerintahan terhadap kemajuan, pelestarian dan marketing pariwisatanya.

berikut 5 pulau untuk kemah asyik di Kepulauan Seribu:


1. Pulau Semak Daun

Camp di Pulau Semak Daun
info gambar


Pulau Semak Daun berada sekitar 3 jam dari dermaga di Muara Angke. Pulau Semak Daun ini merupakan pulau kecil dan tidak berpenduduk. Cuma ada pantai dan hutan mangrove, benar-benar memberikan nuansa alam yang masih tetap alami.

Pulau Semak Daun telah menjadi tempat favorit turis untuk kemping. Usai mendirikan tenda, kita dapat bermain-main di pantai yang pasirnya berwarna putih juga halus. Udara bersih dan pantai biru, bikin kita kerasan kemping di sini.

2. Pulau Papa Theo

Pulau Papa Theo
info gambar

Pulau Papa Theo barangkali tidak setenar Pulau Tidung atau Pulau Pramuka di Kepulauan Seribu. Tempatnya pun cukup jauh, sekitar 4 jam dari Muara Angke. Walaupun jauh, Pulau Papa Theo yang tidak berpenghuni ini tetap sangat eksotik.

Kita bisa berkunjung ke pulau-pulau yang tidak jauh dari Pulau Papa Theo untuk snorkeling, layaknya di dekat Pulau Perak dan pulau-pulau kecil yang lainnya. pemandangan dalam lautnya cantik dan nuansanya sepi, lautan dan pulau-pulaunya bagaikan milik sendiri.

3. Pulau Payung

Pulau Payung
info gambar

Untuk menduduki Pulau Payung, kita musti menuju Pulau Tidung lebih dulu. Lalu lanjut kira-kira 30 menit, untuk tiba di Pulau Payung yang ialah pulau berpenghuni. Para warga di sana pun cukup ramah kepada wisatawan.

Setibanya di Pulau Payung, bolehlah cari spot yang enak untuk mendirikan tenda. Selain bermain-main di pinggiran pantai, terdapat satu kegiatan asyik yang bisa dikerjakan di sana yaitu bakar ikan. Mari ke tempat-tempat penjualan ikan-ikan untuk membeli ikan-ikan segar.

Waktu paling pas untuk bakar ikan adalah saat senja. Sambil makan enak, kita bisa melihat panorama sunset. Perut kenyang dan hati senang!


4. Pulau Bulat

Pulau Bulat
info gambar

Salah satu pulau jelita di Kepulauan Seribu, Pulau Bulat sebutannya. Jika dari Muara Angke, membutuhkan waktu 4 jam untuk sampai di sana. Sesampainya di Pulau Bulat, terlihat hamparan putih dan air laut hijau kebiruan yang layaknya mengundang tuk berenang. Ombak di sekitar pantainya sungguh lumayan tenang untuk berenang.

Pulau Bulat suasana sangat tenang. Pulau ini pun tidak terlalu besar, memiliki luas hanya 1,28 ha. Menurut informasi, Pulau Bulat dimiliki oleh keluarga mendiang Presiden Soeharto. Namun terbuka untuk didatangi wisatawan.

Hanya terdapat beberapa penjual makanan di pulau ini. Nuansa yang tenang dan panorama cantik di pulaunya, pasti merayu Anda untuk kemping. Yuk dirikan tenda dan menginap di sini. Selamat bermalam dengan lautan bintang di atas Anda.


5. Pulau Sepa

Pulau Sepa
info gambar

Terakhir, pulau yang enak untuk spot kemah di Kepulauan Seribu yaitu Pulau Sepa. Pulau yang berada sekitar 65 km ke arah barat laut dari Marina Ancol ini dapat ditempuh dengan memakai speedboat kira-kira 2 jam perjalanan.

Silakan membangun tenda di tepian pantainya. Bentuk pantai yang landai, menjadikan kita mudah membangun tenda di bawah pohon-pohon rindang. Keluar tenda, pasir putih pantainya sangat halus disapu dengan kaki. Bolehlah berenang juga, karena dalam lautnya mempunyai terumbu-terumbu karang yang jelita.

Pemandangan matahari terbit alias sunrise sangat indah terlihat di sini. Gak usah kaget kalau melihat biawak di tepian pantainya dan jangan takut pula. Yang pasti ingin kemping di mana pun di pulau-pulau di Kepulauan Seribu, harap jaga kebersihan dan janganlah merusak alam.


Sumber: https://travelwisataindonesia.com/

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini