Pesilat Indonesia Adu Tangkas pada Pagelaran Asian Games 2018

Pesilat Indonesia Adu Tangkas pada Pagelaran Asian Games 2018
info gambar utama

Pencak Silat Genapi Perolehan Medali Indonesia di Asian Games 2018

Pencak silat sumbang medali terbanyak untuk Indonesia pada pagelaran Asian Games 2018. Bertanding di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah, Indonesia terus membuka keran medalinya.

Tim pencak silat Indonesia yang meraih medali emas kemarin menggenapi 30 medali emas Indonesia. Pencapaian 30 medali emas ini agaknya menjadi capaian yang luar biasa.

Sejak keikutsertaan Indonesia sejak 1951, 30 medali emas adalah capaian tertinggi Indonesia. Agaknya capaian ini akan sulit diulang di Asian Games ke depan.

Prestasi terbaik Indonesia di Asian Games ketika menjadi tuan rumah. Tim garuda berada di peringkat ke dua dengan 11 medali emas. Setelah itu belum pernah melewati capaian 11 medali emas, hingga rekor buruk itu terpahkan tahun ini.

Dengan 30 keping medali emas, Indonesia menempati peringkat ke empat, dibawah Tiongkok, Jepang, dan Korea Selatan.

Lumbung emas Indonesia adalah cabor pencak silat. Dari 16 nomer final di padepokan TMII, pesilat Indonesia menyabet 14 medali emas. Mengejutkannya lagi, enam emas nomor seni disapu bersih oleh atlet – atlet Indonesia.

Di hari terakhir cabor pencak silat, Ketua Umum Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (PB IPSI) dan Presiden Joko Widodo hadir di padepokan TMII.

Pemandangan unik terjadi ketika Hanid Yudani Kusumah melakukan selebrasi. Dalam selebrasinya seusai Hanif mengalahkan pesilat Vietnam, kemudian ia memeluk Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum PB IPSI Prabowo Subianto secara bersamaan. Mereka saling rangkul dengan balutan bendera merah putih.

"Tidak ada pikiran lain-lain, spontan saja. Biar masyarakat tahu, mereka berdua tidak ada apa-apa. Realitanya kan mereka baik-baik saja. Tidak seperti di sosmed, perang sana-sini. Kelihatannya gak enak," kata Hanifan kepada Antara.

Hanifan sendiri bertanding pada final nomor tanding kelas C putra (55 – 60 kg).

Indonesia seperti tak menemui kesulitan di cabang olahraga pencak silat. Lawan yang dianggap akan menyusahkan Indonesia hanya Vietnam dan Malaysia.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini