Bukan Hanya Keris, Inilah Senjata-Senjata Tradisional Untuk Membela Diri Pada Jaman Dulu (Bag. 1)

Bukan Hanya Keris, Inilah Senjata-Senjata Tradisional Untuk Membela Diri Pada Jaman Dulu (Bag. 1)

TKardin Pisau

Dengan berkembangnya jaman, dewasa ini senjata-senjata tradisional sudah jarang sekali digunakan. Mungkin hanya suku-suku pedalaman saja yang masih menggunakannya. Senjata tradisional adalah sebuah barang budaya yang digunakan oleh masyarakat untuk melindungi diri dari serangan musuh, saat berladang ataupun saat berburu. Senjata juga bisa menjadi identitas dari sekelompok masyarakat yang menggunakannya. Bicara soal senjata tradisional di Indonesia, tentunya ada begitu banyak yang bisa kita sebutkan. Tapi apakah kawan GNFI sudah mengenal senjata-senjata tradisional di Indonesia? yuk kenalan dengan senjata-senjata tradisional Indonesia!

.

Keris Jawa

sumber : wacana.co
sumber : wacana.co

Pastinya hampir semua orang di Indonesia mengenal senjata tradisional yang satu ini. Keris merupakan senjata tradisional suku Jawa, terutama Jawa tengah dan Jogjakarta. Bentuknya cukup unik, yakni gagangnya yang menyerupai ular yang meliuk-liuk. Senjata ini dipercayai mengandung nilai sakral dan juga unsur mistis. Keris tersebar pada masyarakat diwilayah yang pernah terpengaruh oleh Kerajaan Majapahit, seperti Jawa, Madura, Nusa Tenggara, Sumatera, pesisir Kalimantan, sebagian Sulawesi. Bahkan di luar Indonesia seperti Semenanjung Malaya, Thailand Selatan, dan Filipina Selatan (Mindanao). Keris Indonesia telah terdaftar di UNESCO sebagai Warisan Budaya Dunia Non-Bendawi Manusia sejak 2005.

.

Pisau Belati Papua

sumber : travellink indonesia
sumber : travellink indonesia

Umumnya senjata terbuat dari logam, Pisau Belati Papua justru terbuat dari tulang kaki burung kasuari, yaitu burung endemik Papua. Tulang kaki burung kasuari dipilih karena mudah dibentuk dan ditajamkan tapi tetap memiliki struktur yang kuat. Pegangan senjata tradisional Papua ini biasanya juga dilengkapi dengan hiasan bulu burung Kasuari atau serat alam. Suku-suku tradisional Papua biasanya menggunakan senjata ini untuk berburu, perang dan mengambil hasil hutan.

.

Badik Bugis

sumber : badiksulawesi
sumber : badiksulawesi

Badik atau biasa juga disebut badek adalah senjata tradisional yang dikembangkan oleh masyarakat Bugis dan Makassar. Menurut masyarakat Bugis Makassar, setiap jenis badik memiliki kekuatan gaib. Kekuatan ini dapat memengaruhi kondisi, keadaan, dan proses kehidupan pemiliknya. selain itu ada kepercayaan bahwa badik juga mampu menimbulkan ketenangan, kedamaian, kesejahteraan dan kemakmuran ataupun kemelaratan, kemiskinan dan penderitaan bagi yang menyimpannya. Sejak ratusan tahun silam, badik tidak hanya digunakan untuk membela diri, namun juga sebagai identitas diri dari suatu kelompok etnis atau kebudayaan.

.

Kujang Jawa Barat

https://asyraafahmadi.com
https://asyraafahmadi.com

Senjata unik dari Jawa Barat ini mulai dibuat sekitar abad ke-8 atau ke-9. Terbuat dari besi atau baja dengan rata-rata panjang sekitar 20 cm hingga 25 cm, dan berat yang bisa mencapai 300 gram.
Selain sebagai senjata, masyarakat Jawa Barat menggunakan kujang juga sebaga ialat pertanian, hiasan, maupun cenderamata. Kujang merupakan alat yang melambangkan kekuatan dan keberanian untuk melindungi hak dan kebenaran. Pada zaman dahulu, kujang digunakan oleh orang-orang tertentu saja, misalnya, raja, prabu anom, golongan pangiwa, penengen, agamawan, serta para putri raja.
Menurut beberapa penelitan, kujang berasal dari kata kudihyang, atau Kudi dan Hyang. Kudi, dalam Bahasa Sunda Kuno berarti senjata yang memiliki kekuatan sakti. Sedangkan Hyang berarti Dewa. Jadi, secara umum kujang dapat berarti senjata yang memiliki kekuatan sakti dari para dewa.

.

Sumber : boombastis, wacana.co, wikipedia, asyraafahmadi.com, badiksulawesi.com, muhammadrifqi175.wordpress.com

Pilih BanggaBangga71%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang4%
Pilih Tak PeduliTak Peduli4%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi8%
Pilih TerpukauTerpukau13%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Perpustakaan di Aceh Ini Merupakan Satu-Satunya Perpustakaan Islam di Nusantara! Sebelummnya

Perpustakaan di Aceh Ini Merupakan Satu-Satunya Perpustakaan Islam di Nusantara!

Mahasiswa UI Ciptakan Tangan Robotik yang Bisa Dikendalikan Otak Selanjutnya

Mahasiswa UI Ciptakan Tangan Robotik yang Bisa Dikendalikan Otak

Fachrezy Zulfikar
@fachrezy

Fachrezy Zulfikar

Writer

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.