Festival Wisata Budaya Pasar Terapung 2018 telah digelar pada 24 – 26 Agustus 2018. Festival berlangsung di Sungai Martapura, Kalimantan Selatan.

Festival Pasar Terapung diikuti lebih dari 70 buah jukung (perahu kecil) lengkap dengan acil – acil (bibi pedagang di pasar terapung). Di atas jukung, acil berjualan berbagai hasil bumi.

Pada perhelatan ini juga diadakan berbagai lomba. Diantaranya memasak untuk chef profesional juga masyarakat umum. Peserta ditantang memasak dengan bahan utama ikan dari sungai di Banjarmasin.

Juga terdapat Fashion Carnaval dan pertunjukan seni budaya Kalimantan Selatan. Penampilan seni dan kebudayaan ini banyak menyedot banyak penonton. Fashion Carnaval diikuti lebih dari 50 peserta. Baik perorangan maupun kelompok unjuk kebolehan menampilkan kesenian dan kebudayaan Kalimantan Selatan.

Komunitas – komunitas juga banyak yang ikut memeriahkan festival ini. Salah satunya adalah komunitas sepeda onthel. Penyuka sepeda tua ini menggunakan aneka kostum.

Tak mau kalah, komunitas penggemar mobil tua buatan Jerman , Volkswagen (VW) juga hadir. Peserta komunitas pecinta VW berasal dari berbagai wilayah di Kalimantan. Bahkan beberapa peserta berasla dari wilayah Brunei Darussalam, serta Kuching dan Serawak, Malaysia.

Festival ini juga diramaikan oleh pameran yang menampilkan produk – produk UMKM, Kelompok Sadar Wisata, maupun pemerintah daerah dari berbagai wilayah di Kalimantan Selatan.

Peserta Festival Pasar Terapung semakin semarak dengan menampilkan pertunjukan seni dari sanggar – sanggar seni di Banjarmasin. Hiburan lain berasal dari artis lokal Banjarmasin dan artis nasional.

Dengan komposisi pengisi acara seperti ini, menjadikan festival ini menarik bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara. Masyarakat golongan tua dan muda dapat menikmati sajian dari panitia penyelenggara Festival Wisata Budaya Pasar Terapung 2018.

Festival Pasar Terapung Banjarmasin terpusat di kawasan Nol Kilometer kota Banjarmasin, di tepian sisi barat sungai Martapura yang membelah kota Banjarmasin.

Festival Wisata Budaya Pasar Terapung temasuk dalam salah satu agenda 100 Wonderful Events Indonesia.

Foto : Pesona Indonesia
Foto : Pesona Indonesia


Sumber: pesona.indonesia.travel

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu