Mekarnya Rafflesia ke 11 di Bogor Botanical Gardens

Mekarnya Rafflesia ke 11 di Bogor Botanical Gardens
info gambar utama

Sebuah bunga Rafflesia patma mekar di Bogor Botanical Gardens di Jawa Barat selasa lalu, mekarnya Rafflesia patmamenandai rafflesia yang mekar ke 11 di Bogor Botanical Garden, namun sayangnya bunga tersebut terhalang oleh salur dari inang pohon tetrastigma.

Rafflesia patma yang mekar di Bogor Botanical Gardens, 4 September 2018 | Sumber: Theresia Sufa / Jakarta Post
info gambar

Dikutip dari Jakarta Post, Ilmuwan Botanical Gardens, Sofie Mursidawati menyebutkan bahwa rafflesia patma adalah satu-satunya spesies rafflesia yang dapat tumbuh dan mekar tidak di habitat alaminya. Parasit raksasa ini ditemukan pada saat eksplorasi oleh Pangandaran Nature Reserve.

Sofie menyebutkan bahwa spesies jantan dan betina dari bunga ini belum pernah mekar pada saat bersamaan. "Sesungguhnya hal ini krusial daram proses regenerasi untuk spesies jantan dan betinanya dapat mekar bersamaan," ucapnya, menambahkan bahwa merupakan proses yang sulit untuk proses penyerbukan bunga ini dalam konservasi eks-situ.

Bunga Rafflesia selama ini tumbuh mengenakan teknik okulasi, bukan melalui penyemaian. "Cara ini merupakan satu-satunya cara (kita dapat meregenerasi bunga tersebut)," ucap Sofie. "Eksplorasi membutuhkan pendanaan yang besar, sedangkan ekspedisi terakhir kami untuk Rafflesia arnoldiidilakukan di Bengkulu pada 2007 lalu," tambahnya.

Rafflesia arnoldii mekar di Hutan Lindung Bengkulu | Sumber: Lampungpro
info gambar

Terdapat sekitar 13 hingga 14 spesies rafflesia di Indonesia. Filipina di lain hal, mengalahkan Indonesia dalam jumlah penemuan spesies rafflesia berkat eksplorasinya yang cukup sering, ucap Sofie.


Sumber:

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini