Satu-satunya Destinasi Bali Baru Diajukan Dari Kalimantan

Satu-satunya Destinasi Bali Baru Diajukan Dari Kalimantan
info gambar utama

Taman Nasional Tanjung Puting di Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, telah diajukan sebagai sebuah destinasi prioritas wisatawan untuk memperkaya keragaman industri pariwisata dan menambah pilihan lain selain Bali.

Di taman nasional ini terdapat hutan tropis yang berfungsi sebagai habitat asli orangutan di Indonesia.

Dikutip dari, Kompas.com"Taman Nasional Tanjung Puting saat ini sedang dinilai dan dirancang sebagai Bali Baru ke-11. Saat ini daftar 10 Bali Baru terdiri dari tujuan dengan daya tarik pegunungan, kepulauan, samudra dan pantai, namun belum ada hutan," ucap Sekretaris Provinsi Kalimantan Timur, Fahrizal Fitri. "Kalimantan memiliki hutan yang berfungsi sebagai paru-paru dunia, khususnya Kalimantan Tengah. Tak hanya hutan, namun juga merupakan rumah bagi spesies dilindungi, seperti orangutan."

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
info gambar

Tahun lalu, taman nasional ini tercatat dikunjungi sebanyak 25.415 wisatawan, termasuk 15.170 wisatawan mancanegara. Sedangan per April di tahun ini, jumlah pengunjung telah mencapai angka 16.778, dimana 10.518 diantaranya merupakan wisatawan mancanegara.

"Taman Nasional Tanjung Puting merupakan sebuah destinasi tingkat global. Pengunjung dapat menjelajah hutan alam yang berada di atas tanah gambut. Lokasi ini juga memiliki sebuah area konservasi orangutan seluas 500.000 hektar, dimana ada sekitar 5.000 orangutan yang dimonitor," tambah Fahrizal.

Dwisuryo Indroyono Soesilo selaku ketua tim pengembangan wisata laut dari Kementerian Pariwisata menyebutkan sudah ada beberapa rencana untuk mengenalkan Tanjung Puting di beberapa acara, termasuk Wonderful Sail to Indonesia 2018. Ia berharap bahwa peserta acara dapat membawa dampak lebih langsung terhadap ekonomi lokal dan secara efektif mempromosikan destinasi tersebut kepada dunia.

Pantai Tanjung Lesung Pandeglang Banten | Sumber: Explore Wisata
info gambar

Tambahan Tanjung Puting dalam daftar "Bali Baru" dapat melengkapi daya tarik yang ditawarkan oleh 10 destinasi Bali Baru; Danau Toba di Sumatra Utara, Bangka Belitung, Tanjung Lesung di Banten, Kepulauan Seribu di Jakarta, Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur, Taman Nasional Wakatobi di Sulawesi Tenggara, Morotai di Maluku Utara, Gunung Bromo di Jawa Timur, dan Candi Borobudur di Jawa Tengah.

"Taman Nasional Tanjung Puting akan menjadi satu-satunya destinasi di Kalimantan di antara destinasi Bali Baru lainnya," ucap Marsetio selaku Kepala Staff Ahli Kementerian untuk pengembangan wisata Kalimantan Tengah.


Sumber: Jakarta Post

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini