Berkat Kapal Datar, Mahasiswa UI Juara Hydrocontest 2018 di Perancis

Berkat Kapal Datar, Mahasiswa UI Juara Hydrocontest 2018 di Perancis
info gambar utama

Sebanyak 14 mahasiswa Universitas Indonesia Fakultas Teknik yang tergabung dalam Hydros Team UI mendapatkan peringkat kedua dalam event kompetisi kapal dunia. Mereka menciptakan dua kapal dengan konsep plat datar bernama Heavy Weight Mark III dan Heavy Weight Mark II. Para mahasiswa tersebut adalah Mufty Noer Aulia, Vania Juliani Utami, Nabila Alifani, Azizah Nilam Wandira, Bayu Anugerah Pratama, M. Fa’iq, Vidi Wardhana, M. Aziz Murdianto, Naufal Muhadzib Rafif, Alvin Raditya Putra, M. Fuad Syahrudin, M. Akbar, Haekal Dwiputera, Aprian Hidayat dan Narenda Putra Dipta.

sumber : humas UI
info gambar

‎14 Mahasiswa tersebut ‎sukses meraih juara dua dalam event kontes kapal dunia Hydrocontest 2018 yang dihelat di Saint Tropez, Perancis pada 2 - 9 September 2018 lalu. Kapal tersebut adalah kapal khas Universitas Indonesia dengan desain monohull semi-trimaran. Desain tersebut mendapatkan stabilitas yang baik dan mengurangi biaya produksi menjadi lebih hemat. Untuk kategori long distance race, Hydros Team UI sukses mengalahkan tim dari Swiss, Spanyol, Perancis. sementara juara diraih oleh tim dari Inggris. Dalam kategori tersebut, kapal harus menempuh lintasan sebanyak mungkin dalam waktu 1 jam.

Mufty N. Aulia, Ketua Hydros Team UI mengatakan, Indonesia masih kurang dalam teknologi kemaritiman. "Melalui ajang ini kami ingin membuktikan bahwa pandangan tersebut salah dan kami ingin mengasah diri terus agar kelak dapat membangkitkan teknologi maritim di Indonesia," kata Mufty dalam keterangan tertulisnya, Rabu (12/9/2018) yang dikutip dari Pikiran Rakyat. ‎Kapal HeavyWeight Mark III dilengkapi dengan fitur water tunnel yang akan memaksimalkan aliran air untuk propulsi. Kapal pun memiliki konsep plat datar yang meniadakan proses bending, membuat proses produksinya lebih mudah dan murah sehingga sangat cocok diterapkan di Indonesia.

Untuk Kapal Light Weight Mark II dibangun dengan konsep kapal symmetric catamaran yang dilengkapi dengan hydrofoil. Kapal itu memiliki stabilitas yang baik. Dengan penerapan hydrofoil, kapal tersebut diharapkan dapat meningkatkan kecepatan kapal. Kapal memiliki pula fitur inverted axebow untuk memecah gelombang air laut. Kapal ini juga diharapkan dapat beroperasi pada tingkat efisiensi tinggi.

sumber : humas UI
info gambar

Kompetisi Hydrocontest 2018 dihelat di salah satu pantai terbaik Saint Tropez, Plage des Canebiers. Di hari terakhir diadakan di old port yang berada di pusat kota. Perlombaan berlangsung pada 2-9 September 2018 dan diikuti oleh 28 tim dari 15 negara. Terdapat tiga kategori race dan tujuh kategori non-race. Tiap tim membuat 2 kapal yang bisa ditandingkan pada semua kategori terutama kategori race. Kapal tersebut terdiri dari kapal lightweight race yang akan membawa beban 20 kg dan kapal heavyweight race yang akan membawa beban 200 kilogram. Selain itu, terdapat pula kategori long distance race. Selain berhasil meraih peringkat dua, Hydros Team UI juga masuk di 8 besar lightweight race dan 12 besar heavyweight race.

Sumber : Pikiran Rakyat, Okezone.com, ui.ac.id

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini