Empat Bandara di Indonesia Masuk Daftar Bandara Terbaik Dunia

Empat Bandara di Indonesia Masuk Daftar Bandara Terbaik Dunia
info gambar utama

Empat bandara di Indonesia di bawah naungan PT Angkasa Pura I dan PT Angkasa Pura II masuk dalam jajaran bandara-bandara terbaik Dunia versi berhasil mendapatkan penghargaan “Airport Service Quality (ASQ) Awards 2017” dari Airports Council International (ACI). Award diberikan di Halifax-Canada pada 12 September 2018.

Ketiga bandara Angkasa Pura I yang meraih penghargaan ASQ Awards 2017 adalah Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dengan tiga penghargaan, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, dan Bandara Juanda Surabaya. Sementara bandara yang dikelola Angkasa Pura II yang meraih penghargaan adalah Bandara Hussein Sastranegara, Bandung.

Adapun rinciannya yaitu:

1. Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali

- The 1st World Best Airport by Size 15-25 million atau peringkat pertama Bandara Terbaik di Dunia kategori bandara berpenumpang 15-25 juta orang per tahun.

- The 2nd Asia - Pacific Best Airport (over 2 million passengers per year) atau peringkat kedua Bandara Terbaik di Asia-Pasifik berpenumpang di atas 2 juta orang per tahun)

- Best Airport by Size and Region in Asia-Pacific (15-25 million passengers per year) atau Bandara Terbaik di Asia-Pasifik (kategori bandara berpenumpang 15-25 juta orang per tahun).

2. Bandara Juanda Surabaya

- The 3rd World Best Airport by Size 15-25 million atau peringkat ketiga Bandara Terbaik di Dunia kategori bandara berpenumpang 15-25 juta orang per tahun.

3. Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan

- The 2nd World Best Airport by Size 5-15 million atau peringkat kedua Bandara Terbaik di Dunia kategori bandara berpenumpang 5-15 juta orang per tahun.

4. Bandara Husein Sastranegara, Bandung

The 3rd World Best Airport by Size 2-5 million , atau peringkat ketiga Bandara Terbaik di Dunia kategori bandara berpenumpang 2-5 juta orang per tahun.

ASQ Awards merupakan penghargaan tahunan tertinggi bagi bandara-bandara dengan tingkat pelayanan terbaik di dunia yang dilakukan oleh ACI, sebuah organisasi kebandarudaraan global yang berbasis di Montreal, Kanada.

Penilaian ASQ Awards dilakukan berdasarkan survei kepuasan terhadap layanan bandara. Sekitar 600 ribu orang pengguna jasa bandara menjadi partisipan survei ini setiap tahunnya. Sejak 2006, ASQ telah melakukan pengukuran kepuasan pengguna jasa bandara, dengan lebih dari 340 bandara yang berpartisipasi di 85 negara.

Metodologi ilmiahnya, prosedur kontrol kualitas yang ketat, dan komitmen terhadap ketidakberpihakan menjadikan survei ASQ sebagai standar global untuk mengukur kepuasan pengguna jasa.

“Bandara adalah bisnis yang kompleks, yang menawarkan berbagai macam produk dan layanan kepada miliaran penumpang yang bepergian melalui bandara setiap tahun. Dalam lanskap industri yang cepat berubah ini, ACI menyediakan alat ukur dan informasi manajemen untuk lebih memahami pandangan pengguna jasa dan apa yang mereka inginkan. Bandara mengakui betapa pentingnya meningkatkan ‘customer experience’ karena para penumpang yang selalu menuntut pelayanan yang lebih baik," kata Direktur Jenderal ACI World Angela Gittens.

Sumber : https://aci.aero/customer-experience-asq/asq-awards/current-winners/best-airport-by-size/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini