Jakarta Akan Miliki Fasilitas Khusus Pembuangan Sampah Berbahaya dan Beracun

Jakarta Akan Miliki Fasilitas Khusus Pembuangan Sampah Berbahaya dan Beracun

Ilustrasi sampah elektronik yang berbahaya © Sumber: Tirto

Pemerintah Kota Jakarta sedang berencana untuk mengembangkan fasilitas pembuangan transit untuk sampah berbahaya dan beracun (B3) di empat lokasi di Jakarta, termasuk Semper, Jakarta Utara, sebagaimana setiap tahun sampah elektronik meningkat hingga 3 ton untuk B3 sendiri.

Tim penganggaran dana Dewan Kota Jakarta telah menyetujui alokasi sekitar 1.4 milyar rupiah untuk pengembangan fasilitas tersebut, dimana akan menjadi tempat singgah sementara bagi sampah tersebut sebelum akhirnya diproses oleh pihak ketegi, di tahun setelahnya.

A worker jumps from a garbage truck to collect garbage from Jl. Jatinegara Barat in East Jakarta on Feb. 28, 2017. (JP/PJ Leo)
Seorang pekerja melompat dari truk sampah untuk mengambil sampah dari Jl. Jatinegara Barat di Jakarta Timur (2017) | Foto: PJ Leo / Jakarta Post

Ukuran sebuah lokasi diperkirakan akan seluas antara 80-100 meter persegi.

Kepala Instansi Lingkungan Jakarta, Isnawa Adji menyebutkan bahwa pihak pemerintah ingin mengelola sampah tersebut dengan baik.

"Memang benar kita terlambat untuk mengembangkan fasilitas serupa, namun lebih baik daripada tidak sama sekali. Kami telah menerima banyak saran untuk membangun fasilitas tersebut," ucap Isnawa seperti dikutip dari tribunnews.

Selain itu juga terdapat beberapa macam sampah lainnya, seperti sampah medis, yang dikumpulkan oleh fasilitas kesehatan sebelum diproses oleh pihak ketiga. Pemerintah Kota ingin memastikan sampah ini tidak digabung dengan sampah lainnya.

Ia menambahkan bahwa sampah yang dikumpulkan di situs pembuangan akan diproses oleh perusahaan yang sudah biasa menangani sampah B3.

Isnawa juga menyebutkan bahwa instansi lingkungan akan menyediakan kendaraan khusus untuk mengumpulkan sampahnya dari daerah sekeliling.


Sumber: Jakarta Post

Pilih BanggaBangga67%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi33%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Ini Alasan Gojek Berani 'Mengaspal' di Vietnam Sebelummnya

Ini Alasan Gojek Berani 'Mengaspal' di Vietnam

Lepas Dari Gadget, Bank Indonesia Kenalkan Literasi Pada Anak Selanjutnya

Lepas Dari Gadget, Bank Indonesia Kenalkan Literasi Pada Anak

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.