Festival Kuliner Indonesia Seoul: Ini Makanan Indonesia Favorit Orang Korea Selatan

Festival Kuliner Indonesia Seoul: Ini Makanan Indonesia Favorit Orang Korea Selatan
info gambar utama

9-15 September lalu acara Festival Kuliner Indonesia diadakan di ibu kota Korea Selatan, Seoul. Tepatnya di La Seine Restaurant, restoran bintang 5 yang terdapat di jantung kota Seoul. Rupanya Rendang dan Udang Bumbu Bali menjadi masakan favorit masyarakat Korea Selatan khususnya Seoul.

La Seine Restaurant, Seoul | Sumber: Yonhap
info gambar

Selama sepekan digelar, festival kuliner tersebut berhasil menarik lebih dari 6000 minat pengunjung. Hal tersebut disampaikan oleh Purno Widodo selaku Pensosbud KBRI Seoul Purno Widodo. Banquet Manager Lotte Hotel Seoul, Daniel Song tempat La Seine Restaurant berada, mengatakan pengunjung restoran rata- berjumlah 250 orang per hari.

Masakan-masakan yang dihidangkan di festival kuliner tersebut merupakan masakan buatan ahli kuliner Indonesia William Wongso beserta dua asistennya yang khusus didatangkan untuk kegiatan yang didukung Kementerian Pariwisata Indonesia dan KBRI Seoul ini. William Wongso dan tim menyiapkan menu-menu Indonesia untuk sarapan dan makan malam selama festival.

Selain Rendang dan Udang Bumbu Bali menu masakan lainnya yang ditawarkan adalah Lontong Cap Go Meh, Soto Ayam, Selada Bangka, Ikan Goreng Dabu-dabu, dan Nasi Goreng Kampung. Tak hanya itu hidangan pencuci mulutpun turut disediakan. Adapun hidangan pencuci mulut yang disediakan adalah Kolak, Cendol, dan Carang Gesing. Sajian berbahan dasar tempe seperti sayur lodeh dan tempe goreng juga disajikan. Tempe saat ini bukan lagi barang asing di Korea Selatan.

Sajian tempe | Sumber: Traveling Yuk
info gambar

Kegemaran masyarakat Korea Selatan akan makanan bercita rasa pedas seolah menjadi perpaduan yang pas dengan kuliner Indonesia yang kaya akan bumbu. Tidaklah heran jika makanan Rendang dan Udang Bumbu Bali menjadi favorit selama festival.

William Wongso, menceritakan pengalamannya saat mengikuti festival yang sama di Seoul bberapa waktu silam. "Sekitar tiga tahun lalu orang Korea tidak menyukai cita rasa Rendang, namun sekarang mereka sangat menyukainya."

Dubes RI untuk Korea Selatan, Umar Hadi, mengatakan Festival kuliner Indonesia diselenggarakan bertepatan dengan kunjungan kenegaraan Presiden Joko Widodo ke Korea Selatan pada 9-11 September. Restauran tempat diselenggarakannya festival adalah ada di hotel tempat menginap Presiden.


Sumber: Tempo.co

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini