Green Canyon, Surga Hijau Karawang yang Tersembunyi

Green Canyon, Surga Hijau Karawang  yang Tersembunyi
info gambar utama

Kalian pasti sudah tidak asing dengan Grand Canyon. Ngarai besar yang terletak di Sungai Colorado, Utara Arizona, Amerika Serikat ini memang cukup banyak dikenal. Selain karena menjadi bagian dari tujuh keajaiban dunia, ngarai ini juga memiliki pemandangan indah yang membuat selalu takjub. Ternyata Grand Canyon tidak hanya ada di USA saja loh, tapi juga di Indonesia. Green Canyon namanya.

Terletak di Kampung Tonjong Roke, Desa Medal Sari, Kecamatan Pangkalan, Loji, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Sebuah lokasi paling ujung selatan Kabupaten Karawang yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Bogor. Ngarai yang disebut Cukang Taneuh oleh penduduk sekitar ini terbentuk dari erosi tanah akibat aliran sungai Cijulang selama jutaan tahun.

Nama Green Canyon pertama kali dipopulerkan oleh seorang turis asal Prancis yang datang pada tahun 1993. Karena air di sungai tersebut berwarna kehijauan dan terdapat lumut hijau yang melimpah di tebing sekitarnya. Green Canyon juga merupakan plesetan nama dari Grand Canyon yang berada di USA. Sedangkan penamaan Cukang Taneuh oleh penduduk setempat karena di atas lembah dan jurang dari Green Canyon terdapat sebuah jembatan dari tanah yang digunakan oleh para petani untuk pergi ke kebun mereka. Cukang Taneuh sendiri dalam bahasa sunda berarti jembatan tanah.

Untuk mencapai Green Canyon, diperlukan waktu sekitar 2 jam dari pusat kota Karawang dengan menggunakan kendaraan pribadi. Yang kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki karena jalananya cukup sempit.

Meski medannya agak sulit, namun fasilitas yang terdapat di sana cukup lengkap. Mulai dari area parkir, penginapan, wc umum hingga warung tersedia di sana. Selain itu, terdapat pula penyewaan alat renang seperti pelampung. Ada juga jasa pemandu yang dapat digunakan untuk mempermudah perjalanan kita.

Sampai sana, kita akan dimanjakan dengan fenomena alam stalagtit dan stalagmit. yang berada di ruang terbuka, bukan di dalam lorong-lorong gua seperti biasanya. Untuk bisa menikmati pemandangan di sana, kita bisa menyewa pelampung maupun ban untuk berenang. Bisa juga menggunakan perahu karet kecil yang dibawa sendiri dari rumah. Karena di sini tidak disediakan penyewaan perahu.

Air sungai di sini masih sangat sejuk. Di sekitarnya juga masih ditumbuhi pepohonan yang rimbun dan menambah kesan alami. Akar-akar pohon yang besar di sana sering dimanfaatkan oleh pengunjung untuk sekadar duduk-duduk dan berteduh. Oh ya, jika menyusuri aliran sungai sampai ke ujungnya, kalian akan menemukan air terjun dengan ketinggian mencapai 7 meter yang instagramable. Kalian bisa mengabadikan foto di sana dengan latar air terjun tersebut.

Green Canyon sangat pantas dicoba bagi penggemar olahraga renang dan kegiatan di alam. Tempat ini juga bisa dikunjungi oleh kalian yang hanya ingin berlibur dan melepas penat dari kesibukan sehari-hari.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan. Artikel ini dilengkapi fitur Wikipedia Preview, kerjasama Wikimedia Foundation dan Good News From Indonesia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini