Ciayo Comics Memberdayakan dan Meluncurkan Komikus Indonesia ke Ranah Internasional

Ciayo Comics Memberdayakan dan Meluncurkan Komikus Indonesia ke Ranah Internasional

CIAYO Comics dalam acara Comifuro 2018 © Thorofi Ramdan

Belum genap berusia 2 tahun, CIAYO Corp sudah berperan melambungkan komik-komik karya anak bangsa ke sorotan internasional. Dilansir dari Markets Insider, CIAYO Corp mewakili Indonesia dalam acara Tokyo Game Show 2018. Dalam konvensi tahunan tersebut, CIAYO Corp memperkenalkan berbagai produk mereka yang mencakup komik, video game, dan merchandise yang merupakan turunan dari Intellectual Property (IP) CIAYO Comics.

CIAYO Comics sendiri merupakan platform komik berbasis digital pertama di Indonesia yang dibangun dan dikembangkan oleh anak bangsa sejak Desember tahun 2016. Sejauh ini, aplikasi CIAYO Comics telah diunduh lebih dari 800.000 kali, pengguna aktif sebanyak 80.000 user per hari. Dengan perkembangan pesat itu, CIAYO Comics optimis dapat mencapai 1 juta download di akhir tahun 2018. Keunggulan CIAYO Comics ialah IP yang sepenuhnya diciptakan oleh anak bangsa yang tersebar di seluruh Indonesia. Dan sampai saat ini CIAYO Comics telah menghasilkan lebih dari 200 judul komik dengan target 1000 judul komik sampai tahun 2019.

Berbeda dengan komik-komik dari luar negeri. Komik dalam CIAYO Comics seringkali membawakan nuansa lokal. Misalnya saja seperti Jum'at Kliwon, sebuah komik horor-komedi yang menyajikan berbagai kepercayaan mistis Indonesia dengan kejutan konyol. Ada juga Garudayana, komik fantasi yang berpusat pada mitologi Hindu yang kental di Indonesia. Bahkan, ada juga komik yang diadaptasi dari prestasi nyata anak bangsa seperti Jendi yang mengisahkan kisah Jendi Pangabean si atlet renang paralimpik Indonesia.

Sejak dirilis pada akhir tahun 2016, platform CIAYO Comics telah membantu menyebarluaskan buah karya komikus Indonesia di ranah digital secara nasional dan bahkan internasional. Tidak hanya sekadar menerbitkan komik Indonesia saja, CIAYO Comics juga melakukan penerjemahan ke Bahasa Inggris agar karya-karya anak bangsa tersebut dapat dinikmati oleh audiens dari luar negeri. Kenyataannya, CIAYO Comics juga mendapatkan pengunjung dalam jumlah yang signifikan dari negara luar seperti Amerika Serikat dan Malaysia.

Menanggapi kesuksesan tersebut, Khrisnawan Adhie selaku Head of Business Development CIAYO Corp mengatakan, “Ekspansi CIAYO Comics ke ranah internasional telah menghasilkan ratusan lahan pekerjaan baru, dan tentunya perkembangan ini berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian Indonesia.”

Sampai bulan September tahun 2018, CIAYO Comics juga telah mengadakan workshop di 10 kota besar di Indonesia bekerja sama dengan komunitas lokal yang akan ditutup di Jakarta November nanti.

Sumber: Markets Insider | Delik News

Pilih BanggaBangga88%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang13%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Objek Wisata Pulau Pelangi Di Pulau Seribu Sebelummnya

Objek Wisata Pulau Pelangi Di Pulau Seribu

Indonesia dan Brunei (Mungkin) Saling Iri Selanjutnya

Indonesia dan Brunei (Mungkin) Saling Iri

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.