Kepulauan Seribu adalah kawasan berupa gugusan pulau yang terletak di utara Teluk Jakarta. Wilayahnya sendiri berupa kabupaten administratif dari Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta. Pulau Seribu sendiri memiliki wisata pulau-pulau yang cantik yang terdiri dari pulau resort, pulau penduduk, pulau bersejarah dan pulau kosong. Pulau-pulau tersebut sering sekali di kunjungi para wisatawan asing dan lokal untuk menginap atau hanya seharian saja berkunjung ke pulau-pulau tersebut.

Keindahan wisata Pulau Seribu memiliki keindahan pasir putih dan terumbu karang yang ada di dasar laut kepulauan seribu ini, Jarak Waktu yang di tempuh untuk masing-masing pulau diantaranya yaitu mempunyai jarak waktu 25 menit, 90 menit hingga 2 jam perjalanan dari Marina menuju pulau-pulau yang akan di tuju dengan transportasi Speed Boat.

Inilah pulau-pulau cantik yang terdapat di pulau seribu yang sering di kunjungi wisatawan asing dan lokal :

Pulau Ayer Resort

Memancing di dermaga Pulau Ayer Resort Kepulauan Seribu

Pulau Ayer  Resort adalah sebuah pulau resort yang menggunakan konsep modern dengan unsur tradisional ethnik Papua Barat. Memiliki cottage kayu terapung yang unik dengan nuansa suku Asmat, pulau ayer terdapat macam-macam fasilitas yang ada baik untuk hiburan, rekreasi, serta olah raga air. Penyeberangan dengan jarak kurang lebih 14 km ke Pulau Ayer, selama 25 menit dengan speed boad dari Pantai Marina Ancol. Pulau Ayer terkenal dengan cottage kayu di atas air ( Floating ) dihiasi dengan nuansa etnis suku asmat.

Pulau Bidadari Resort

Hopping Island Di Pulau Bidadari Wisata Kepulauan Seribu Jakarta

Lokasi dari pada pulau cantik yang satu ini termasuk yang dekat dari dataran Jakarta, yakni hanya sekitar 15 km. Untuk bisa sampai ke Pulau Bidadari Resort dengan memakan waktu sekitar 20 hingga 30 menit. Pulau Bidadari memiliki peninggalan bersejarah berupa Benteng beserta meriamnya. Bentengnya berbentuk bundar dengan garis tengah 23 meter serta tebal dinding mencapai 2,5 meter, serta dibagian tengahnya terdapat sebuah dinding lingkaran yang berfungsi sebagai tempat menampung air bersih untuk keperluan minum dan memasak tentara penjaga saat itu. Jika di Eropa, bentuk bangunan benteng menara pengawas seperti ini lebih dikenal dengan sebutan Menara Martello.

Pulau Macan Resort

Cottage Pulau Macan Resort Wisata Kepulauan Seribu Jakarta

Pulau Macan Eco Resort  adalah satu-satunya pulau yang eksotis di Kepulauan seribu, oleh karenanya wisata pulau macan ini mempunyai konsep layaknya tinggal di pulau yang sunyi penduduk, pulau macan sendiri memadukan nuansa alami berkonsep eco dengan teknologi modern. Di Pulau macan ini tidak tersedia ac di dalam kamar hanya mengandalkan hembusan angin laut. Lokasi kamar di pulau macan ini sangatlah unik dimana langsung terbuka dan menghadap laut lepas.Terdiri dari 10 Kamar berbeda dengan lainnya serta posisi kamarnya.

Pulau Sepa Resort

Pulau Sepa Resort Wisata Kepulauan Seribu Jakarta

Pulau Sepa Resort wisata berjarak sekitar 65 kilometers dari dermaga Marina ancol Jakarta utara, untuk mencapai Pulau ini pengunjung dapat menggunakan speed boat / kapal dari Marina Ancol Jakarta memakan waktu sekitar 90 menit. Pantai Pulau Sepa ini adalah salah satu pulau mempunyai pasir pantai yang terbaik di Kepulauan Seribu, pantai pulau Sepa pulau Seribu resort ini mempunyai pasir yang lembut putih dan bersih, pulau Sepa memiliki pantai putih alami dan pesisir pantai putih yang landai dan langsung menjorok ke laut, air laut di sekitar perairan pulau Sepa ini terkenal dengan kejernihannya dan banyak didapati ikan–ikan kecil berwarna–warni berenang bergerombol di tepian pantai.

Pulau Putri Resort

Pulau Putri Resort Wisata Kepulauan Seribu Jakarta

Pulau Putri Resort merupakan salah satu tujuan wisata yang ramai dikunjungi para turis baik dari dalam negeri ataupun asing. Pulau yang memiliki luas kurang lebih 8 hektar ini mempunyai banyak fasilitas hiburan bahari seperti Tunnel Aquarium, Glass bottom boat, Waterslide, snorkeling, scuba diving, smimming pool dan convention room yang sangat memadai dan wajib anda kunjungi. Untuk mencapai lokasinya dapat di tempuh dari daratan jakarta marina ancol dengan menggunakan Speedboat (kapal cepat) dengan memakan waktu tempuh 90 menit.

Pulau Pantara Resort

Pulau Pantara Resort Wisata Kepulauan Seribu Jakarta

Perjalanan menuju Pulau Pantara Resort dari Marina Ancol sekitar 2jam perjalanan dengan speed boat,Pulau Pantara merupakan surga bagi yang menyukai wisata air. Airnya yang jernih, ikan warna warni dan terumbu karangnya yang bagus, sungguh memberikan kepuasan dalam melakukan snorkeling. Tempatnya yang jauh dari keramaian, sangat cocok untuk melepaskan lelah setelah disibukkan dengan rutinitas pekerjaan sehari-hari.

Pulau Royal Semi Resort

Royal Island Semi Resort Pulau Seribu jakarta

Pulau Royal Semi Resort menawarkan ketenangan dan kenyamanan bagi tamu yang menginap dan berlibur disini, layaknya resort dengan deretan penginapan yang disebut sebagai Kampung Sunset diantara pemandangan hamparan mangrove yang terdapat di sekitar pantai. Wisata yang menarik selain menikmati sunset dan wisata mangrove, yaitu kunjungan ke pulau-pulau wisata untuk menikmati keindahan alamnya yang berbeda beda, Spot Snorkling yang beragam, Wisata Memancing di Rumpon yang banyak ikannya, kemudian ada wisata air seperti bermain jetski, banana boat, sofa boat, kano, atau sekedar berenang bermain di tepi pantai pasir putih.

Pulau Genteng Kecil Semi Resort

Pulau Genteng Kecil Wisata Kepulauan Seribu Jakarta

Pulau Genteng Kecil  Semi Resort berjarak tempuh 90 menit menggunakan speed boat dari Marina Ancol. Pulau Geneng telah tersedia fasilitas penginapan yang sangat memadai. Dilengkapi dengan twin bed room, extra bed, kulkas, toilet, dapur pribadi, kulkas, AC, listrik, dan balkon. Deretan pepohonan cemara yang tumbuh di sekitar cottage menambah keasrian dan akan membuat wisatawan kerasan tinggal  di sini.

Pulau Tidung Pulau Penduduk

Jembatan Cinta Pulau Tidung Wisata Pulau Seribu Jakarta

Pulau Tidung Pulau Penduduk saat ini merupakan salah satu destinasi wisata di Kepulauan Seribu yang paling diminati. Daya tarik utamanya adalah keindahan alam, pantai, dan keanekaragaman biota laut, serta perkampungan penduduk yang eksotis. Pulau Tidung berjarak tempuh 90 menit menggunakan speed boat terdiri dari dua pulau besar, yaitu  Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Lokasi utama wisata adalah Tidung Besar dengan fasilitas wisata seperti penginapan dan warung makan. Sedangkan Tidung Kecil merupakan pulau tanpa penghuni dan hanya dijadikan wilayah konservasi.

Pulau Pari Pulau Penduduk

Pantai Pasir Perawan Pulau Pari Wisata Kepulauan Seribu Jakarta

Pulau Pari Pulau Penduduk adalah sebuah pulau yang bersih dengan pantai yang landai tanpa gelombang, tidak begitu ramai dan bebas polusi. Menjadikan sebuah pilihan yang tepat sebagai tujuan tempat liburan. Pulau Pari bisa ditempuh dalam waktu 90 menit dari Marina Jakarta dengan menggunakan speed boat. Fasilitas yang ditawarkan di dalam penginapan pun juga sudah cukup lengkap ada TV, AC, Kulkas, Kasur dan juga dispenser. Homestay yang ditawarkan biasanya berbentuk kamar yang luas yang cukup untuk ditempati 6 – 10 orang.

Pulau Pramuka Pulau Penduduk

Pulau Pramuka Pulau Penduduk Wisata Kepulauan Seribu Jakarta

Pulau Pramuka Pulau Penduduk adalah Pusat Administrasi dan Pemerintahan Kabupaten Kepulauan Seribu. Pulau Pramuka juga menawarkan keindahan alam yang menjadi salah satu andalan pariwisata. Perjalanan menuju Pulau Pramuka melalui Marina Ancol Jakarta dan juga Muara Angke. Pulau Pramuka memiliki perairan jernih yang berwarna biru kehijauan yang sangat indah dan juga terdapat banyak gugusan terumbu karang. Pulau Pramuka merupakan tempat penangkaran penyu sisik hewan langka yang dilindungi. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan di Pulau Pramuka. Para Wisatawan dapat menikmati keindahan bawah laut dengan menyewa peralatan snorkeling dan juga bisa menyewa perahu untuk berkeliling Pulau Pramuka.

Pulau Onrust Pulau Bersejarah

Pulau Onrust Pulau Bersejarah Di Pulau Seribu Jakarta

Tidak jauh dari pulau Bidadari terdapat Pulau Onrust  Pulau Bersejarah yang terkenal akan sejarahnya. Pulau Onrust pada masa penjajahan Belanda sering digunakan sebagai tempat singgah kapal Kompeni sebelum berlabuh ke pelabuhan Sunda Kelapa. Tak heran jika di pulau ini banyak dijumpai bangunan kuno peninggalan Belanda. Di dalam pulau ini terdapat satu bangunan yang masih utuh yang kemudian dimanfaatkan sebagai Museum Pulau Onrust. Pulau ini sangat tepat untuk dijadikan sebagai tempat wisata sejarah, melihat-lihat bangunan peninggalan Belanda seperti benteng dan pelabuhan kuno.

Pulau Kelor Pulau Bersejarah

Pulau Kelor Wisata Bersejarah Di Kepulauan Seribu Jakarta

Pulau Kelor Pulau Bersejarah masuk dalam jajaran pulau yang berdekatan dengan Pulau Bidadari dan juga Pulau Onrust. Pulau ini juga menyimpan bangunan bersejarah sehingga sangat cocok untuk dijadikan tujuan wisata sejarah. Salah satu bangunan yang paling terkenal di pulau yang tidak terlalu besar ini adalah Benteng Martello yang dibangun oleh VOC. Benteng ini memang sudah tidak utuh akibat terjangan tsunami pada tahun 1883 akibat dari letusan gunung Krakatau. Pun demikian sisa-sisa benteng dari bata merah.

Pulau Air Pulau Kosong

Pulau Air adalah pilihan yang sempurna untuk kemping. Pulau ini memiliki kelebihan dibanding pulau-pulau tak berpenghuni lain yaitu berupa pulau yang terbelah oleh air laut sehingga menciptakan fenomena seperti sungai yang jernih.Hanya saja untuk para pengunjung yang tertarik kemping di Pulau Air tidak disarankan untuk menginap lebih dari dua hari lantaran di pulau ini tidak terdapat fasilitas MCK, warung makan atau pun sumur. Untuk sementara wisata menuju ke Pulau Air ditutup.

Pulau Semak Daun Pula Kosong

Pecinta kehidupan bawah laut dan pendamba keheningan nampaknya wajib datang ke tempat yang satu ini. Pulau Semak Daun adalah tempat favorite lain yang menjadi tujuan utama para pemburu pantai pasir putih di kawasan Kepulauan Seribu. Pulau Semak Daun adalah sebuah pulau kecil tak berpenghuni yang sangat pas untuk mereka yang ingin kabur sejenak dari penatnya Jakarta. Mendirikan tenda dan bermalam di tempat ini akan membuatmu menemukan ketengan yang selama ini kamu cari. Disini kamu bisa melihat indahnya kehidupan bawah laut dengan snorkeling atau diving.

Sumber: Pulau Seribu

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu