5 Lokasi Alternatif Berakhirpekan di Sukabumi

5 Lokasi Alternatif Berakhirpekan di Sukabumi
info gambar utama

Bagi kalian yang tinggal di Jakarta, membutuhkan lokasi untuk melepas penat di akhir pekan rasanya bukan hal yang baru bukan? Namun menemukan hal baru untuk dikunjungi selain Bogor, Bandung, dan Kepulauan Seribu rasanya cukup sulit.

Mengutip dari Jakarta Post berikut lima lokasi yang dapat ditempuh melalui jalan darat di Sukabumi, Jawa Barat -yang berpotensi menjadi Bandung berikutnya- yang dapat masuk dalam daftar pilihan anda. Kota ini berjarak kira-kira 100 km ke sebelah selatan dari Jakarta, atau tiga hingga lima jam mengemudi.

Pasir Datar

Terletak di kawasan Caringin, zona Gunung Gede, dataran tinggi berbukit ini menawarkan para pengunjung panorama yang sangat indah dari hutan pinus, perkebunan teh, dah hamparan perkebunan. Terdapat berbagai macam pilihan akomodasi dan villa yang ramah di kantong untuk liburan akhir pekanmu.

Hutan pinus di Pasir Datar | Sumber: ShopBack
info gambar

Kasepuhan Ciptagelar

Kampung Gede Kasepuhan Ciptagelar, sebelumnya dikenal sebagai Kampung Ciptarasa, berada di turunan curam Gunung Salak di kawasan Cisolok. Manjakan dirimu di suasana sejarah dan tradisi budayanya yang sangat terjaga. Berbagai eksplorasi dan proyek geotermal telah dilakukan di kawasan ini karena terkenal akan pemandian air panas dan geyser nya. Cisolok Hot Springs terletak 10 menit dari desa.

Terdapat beberapa rute untuk sampai di desa ini. Jalan yang umum melalui Sukabumi menuju Pelabuhan Ratu. Sebelum berkunjung pastikan anda dalam kondisi fit karena jalan yang cukup berbatu sepanjang jalan mengharuskan anda merasakan sedikit guncangan sepanjang jalannya.

Kaseupahn Ciptagelar | Sumber:
info gambar

Ciletuh-Palabuhanratu Geopark

Diakui oleh UNESCO pada tahun 2015 sebagai sebuah geopark nasional, lokasi ini menawarkan pemandangan menawan dari air terjun kembar setinggi 19 meter, dan kolam yang berbentuk gua, serta kekayaan flora dan kehidupan liar.

Ada banyak fasilitas dan fasilitas umum - tempat parkir, toilet, ruang sholat, dan toserba dapat diakses di daerah tersebut. Anda juga dianjurkan untuk mengunjungi Pantai Palangpang terdekat, yang menawarkan garis pantai yang indah.

The Curug Sodong twin waterfalls at Ciletuh Geopark, Sukabumi. (Shutterstock/File)
info gambar

Curug Sentral

Sukabumi dikenal sebagai surga air terjun. Curug Sentral adalah situs populer yang menawarkan pemandangan air terjun yang indah, menjadikan daerah pegunungan ini tempat yang harus dikunjungi. Curug Sentral terletak di Kampung Pondok Beureum, Jalan Jayanegara Indah Kabandungan.

Jika ingin berkunjung, lebih baik jika para wisatawan menggunakan kendaraan pribadi karena transportasi umum yang menuju ke lokasi ini sulit ditemukan.

Curug Sentral | Sumber: Jejakpiknik
info gambar

Danau Situ Gunung

Perjalanan kurang dari tiga jam dari Jakarta akan membawa Anda ke danau yang sangat Instagrammable ini yang terletak di kaki Gunung Gede dan tepat di tengah hutan lebat Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Taman ini adalah tempat yang wajib dikunjungi bagi para pendaki dan pecinta alam karena menawarkan berbagai jalur hiking, tempat berkemah yang luas, air terjun Curug Sawer dan, tentu saja, Gunung Gede yang megah itu sendiri.

Saat Anda di sana, jelajahilah hamparan danau dengan menyewa rakit bambu.

Danau Situ Gunung | Sumber: pegipegi.com
info gambar


Sumber: Jakarta Post

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini