Karena Prestasinya, Anak SD Ini Memiliki Sebutan 'Jago Robot'

Karena Prestasinya, Anak SD Ini Memiliki Sebutan 'Jago Robot'
info gambar utama

Anak bangsa kembali berprestasi di kancah internasional. Hernawan Santosa,siswa kelas VI SD Al Falah Surabaya, berhasil membawa nama harum sekolahnya pada kompetisi robot tingkat dunia.

Dilansir dari surya.co.id, bocah yang akrab disapa Osa ini berhasil menjuarai RoboFest 2018 di Okayama University, Jepang. Dia menyingkirkan puluhan peserta dari belasan negara di dunia.

Sumber : surya.co.id
info gambar

Atas prestasinya, "Jago Robot" itu diganjar medali emas. Walaupun seorang diri, Osa mampu memborong dua nomor sekaligus. Dua nomor tersebut biasanya dibawakan satu tim. Yaitu nomor Primary Gathering dan Primary Transporter.

“Jadi tim hanya beranggotakan Osa seorang diri. Dia mampu memaksimalkan waktu karena sudah terbiasa dengan otak-atik robot,” ucap Nani, Ibunda Osa dilansir, dikutip dari Surya.co.id

Setelah berhasil di RoboFest 2018, Osa kembali menorehkan prestasi sebagai jago robot. Hal itu dibuktikan sebulan kemudian. Dilansir tribunnews.com, bulan September 2018 lalu dia berhasil memborong tiga medali emas di tiga kategori kompetisi.

Dari kemampuannya yang dapat memprogram robot sendiri, Osa mampu menjadi yang terbaik dalam ajang International Islamic School Robot Olympiad (IISRO) yang digelar 7-9 September 2018, di Kuala Lumpur, Malaysia.

Dalam kompetisi ini, Osa berhasil tampil sebagai Juara 1 Sumo Junior, yakni lomba robot dalam adu kekuatan robot. Di nomor Drone Racing Junior atau adu cepat robot karya setiap siswa, Osa juga juara pertama. Kemudian di nomor Gathering Junior yang mengangkat beban sesuai misinya, Osa menjadi yang terbaik.

Osa melawan puluhan peserta dari seluruh siswa sekolah Islam dari Asia Tenggara. Awalnya ia mengalahkan tuan rumah Malaysia, lalu Singapura, Thailand, Vietnam, Myanmar, Brunei Darussalam, dan peserta dari negara Asia Tenggara lainnya.

--

Sumber : Siedoo, Tribunnews, Surya.co.id

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini