10 Keajaiban Alam Indonesia Wajib Dikunjungi Versi Lonely Planet

10 Keajaiban Alam Indonesia Wajib Dikunjungi Versi Lonely Planet
info gambar utama
  1. Taman Nasional Komodo
Komodo | Sumber: YouTube
info gambar

Terpapar sinar matahari dan tandus, Pulau Komodo ini tampak berbeda dengan wilayah Indonesia lainnya yang lebih hijau, serta hewan endemik yang menghuni pulau ini sungguh berbeda dan hanya terdapat di pulau ini. Kadal terbesar di dunia ini dapat tumbuh hingga mencapai panjang 3 meter, Komodo ini dapat terlihat bermalas-malasan di sepanjang garis pantai oleh para pengunjung yang baru saja tiba di area kamp utama di Loh Liang.

2. Taman Nasional Tanjung Puting

Orangutan di Taman Nasional Tanjung Puting | Sumber: KSMTour
info gambar

Petualangan sungai dan melihat-lihat kehidupan alam liar menjadi daya tarik utama di area seluas 4150 meter persegi ini. Klotok (perahu) sungai yang sederhana akan membawa anda mengarungi Sungai Sekoneyer, menuju pusat memberi makan Orangutan dalam perjalanan menuju Camp Leakey, sebuah area rehabilitasi Orangutan.

3. Kepulauan Raja Ampat

Diving spot di Kepulauan Raja Ampat | Sumber: Condé nast traveller
info gambar

Terletak di ujung paling timur Indonesia di Pulau Papua, Kepulauan Raja Ampat merupakan rumah bagi beragam kehidupan laut. Di atas lautan yang tersebar terdapat pulau-pulau berbentuk kerucut dengan kekayaan bawah laut.

4. Gunung Bromo

Gunung Bromo | Sumber: Travel Today
info gambar

Dengan negara yang dibubuhi banyak pegunungan berapi saat penciptaannya, keindahan alam dengan kawahnya yang luas menjadikan Gunung Bromo sebagai salah satu destinasi populer di Indonesia.

5. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani | Sumber: Phinemo
info gambar

Berdiri setinggi 3726 meter di atas permukaan laut, Gunung Rinjani merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia. Pemandangan yang mewah mendominasi Lombok Utara.

6. Danau Toba

Danau Toba | Sumber: Dagelan Family
info gambar

Terletak ditengah puncak gunung api Sumatra Utara di atas ketinggian 1130 meter, Danau Toba mencakup kaldera super-vulkanik menjadikannya sebagai danau vulkanik terluas di dunia.

7. Taman Nasional Kelimutu

Danau Kelimutu | Sumber: Tempat Wisata Yang Terindah
info gambar

Waktu kunjung terbaik ke Taman Nasional Kelimutu adalah saat matahari terbit. Tiga danau vulkanik berbeda warna berada di puncak gunung Kelimutu di bagian timur Pulau Flores.

8. Lembah Harau

Lembah Harau | Sumber: Panduan Wisata
info gambar

Dengan mudah dapat dikunjungi dari kota bergunung Bukittingi, Lembah Harau merupakan lokasi yang dikelilingi dengan tebing batu kapur yang melonjak setinggi hingga 100 meter dan dilengkapi dengan air terjun Lembah Harau.

9. Pulau Gunung Api Banda

Sumber: Ilmi Tour
info gambar

Memiliki bentuk kerucut sempurna, gunung ini menyerupai gunung Fujiyama di Jepang namun dengan versi lebih kecil setinggi 666 meter. Gunung Api yang terletak di Kepulauan Banda ini merupakan lokasi gunung api paling foto genic.

10. Pulau Menjangan

Sumber: KSMTour
info gambar

Terletak di sebelah ujung barat daya Bali, Pulau Menjangan merupakan lokasi paling mudah di akses untuk para penyelam profesional dan juga pelaku snorkeling untuk bersenang-senang.


Sumber: Lonely Planet

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini